Sunday, July 05, 2015

BERSERAH

Minggu, 5 Juli 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 37:1-11

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 4 ; Kejadian 10-12

Ayat Hafalan
Mazmur 37:5, “Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;“

Suatu hari ada dua kertas putih yang berjemur di bawah hangatnya mentari. Tak lama kemudian, datanglah seorang pelukis mendekati mereka. Ditangannya, ia membawa palet dan kuas cat. “Menurutmu apa yang akan dilakukannya?” tanya kertas yang satu. “Apa menurutmu dia akan melukis diatas kita?,” “Kurasa memang itulah yang diinginkannya,” jawab kertas yang lain. “Aku tidak akan mengijinkannya melukis diatas diriku. Tak seorang pelukis pun boleh menodai kemurnianku,” protesnya. “Tapi bagaimana kalau dia pelukis ulung? Dia mungkin dapat menjadikan kita maha karya.” “Tapi di sisi lain, ia mungkin akan menghancurkan kita. Tidak, aku tidak mau mengambil resiko seperti itu. Aku akan tetap murni sampai mati.” Demikianlah kertas yang satu tetap putih murni dan kosong sampai pada akhirnya angin dan cuaca mengubahnya menjadi bubur kertas. Sementara kertas yang satu lagi berubah menjadi sebuah maha karya hingga bertahun-tahun setelahnya, banyak orang yang terus memandangnya sebagai lukisan termahal.

Adakalanya Tuhan menantang kita, apakah kita mau menyerahkan seluruh bidang kehidupan kita kepada-Nya atau sebaliknya, kita mempertahankan hidup kita dan tidak mengijinkan Dia ikut campur. Memang saat kita membiarkan Tuhan memproses kehidupan kita, resikonya kita mungkin tidak mendapatkan apa yang kita mau. Namun, ingatlah bahwa setiap proses yang kita lewati bersama-Nya dapat menjadikan kita pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Pokok Doa
Tuhan, ampuni aku jika selama ini aku belum menyerahkan kehidupanku sepenuhnya ke dalam tangan-Mu.

Refleksi Diri
1. Apakah yang dapat membuat kita jauh lebih bahagia dari sebelumnya?
2. Apakah yang harus kita tinggalkan agar dapat memperoleh kebahagiaan?

Yang Harus Dilakukan
Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan dan Ia akan bertindak.

Kata - Kata Bijak
Belajarlah untuk mempertaruhkan seluruh kehidupan kita ke dalam tangan Tuhan. Resikonya memang besar, tapi yakinlah juga dampaknya besar bagi kita.

No comments: