Sunday, July 12, 2015

BERTEKUN DALAM PENGHARAPAN

Minggu, 12 Juli 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Markus 10:46-52

Ayat Hafalan
Markus 10:47-48, “Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!” Banyak orang menegornya supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: “Anak Daud, kasihanilah aku!”

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 8:18-34 ; Kejadian 27-28

Seperti biasanya, pengemis buta itu duduk sambil meminta-minta. Kebutaan telah menjadi bagian kehidupannya. Ia pernah mendengar ada seorang nabi besar yang bernama Yesus telah membuat banyak mukjizat, hatinya penuh kerinduan ingin bertemu nabi tersebut. Sampai suatu hari, ia mendengar Yesus melewati kampungnya. Kesempatan itu akhirnya datang juga, ia berusaha sedemikian rupa untuk dapat bertemu dengan-Nya. Ia berteriak sedemikian kerasnya, terus berteriak sampai Yesus datang menghampirinya. Si Bartimeus yang buta itu akhirnya disembuhkan oleh iman dan keteguhan hatinya.

Serupa dengan Bartimeus yang buta, terkadang kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Keadaan di sekitar kita seperti ‘membutakan’ dan menghalangi kehadiran Tuhan dalam hidup kita. Mari kita belajar dari Bartimeus, ketika kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan karena banyaknya persoalan yang menakutkan, disaat seperti itulah kita harus semakin bertekun dan berseru kepada-Nya di dalam doa. Tuhan akan mendatangkan mukjizat-Nya tepat pada waktu-Nya.

Pokok Doa
Tuhan, ajarlah aku untuk tidak mudah menyerah dan berhenti berharap kepada-Mu.

Refleksi Diri
1. Ketika mendengar Yesus datang, apakah yang dilakukan oleh Bartimeus?
2. Apa yang tetap ia lakukan ketika Yesus tidak mendengar teriakannya?

Yang Harus Dilakukan
Mukjizat yang akan Tuhan kerjakan adalah seperti yang kita imani dan doakan dengan tekun.

Kata - Kata Bijak
Berserulah kepada Tuhan dalam doa yang tak putus-putusnya, sebab itulah langkah awal untuk menerima mukjizat.

No comments: