Thursday, July 02, 2015

MEMPEROLEH KEKUATAN ROHANI

Kamis, 2 Juli 2015

Bacaan Alkitab hari ini
2 Korintus 12:1-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 1 ; Kejadian 1-3

Ayat Hafalan
2 Korintus 12:9, “Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.“

Berlian adalah batu perhiasan yang indah dan bernilai tinggi, tetapi awalnya ia hanyalah karbon biasa – hitam, kotor dan mudah terbakar. Setelah melalui berbagai proses tempaan; panas tinggi dan tekanan hebat selama bertahun-tahun, karbon ini menjadi murni dan kuat. Proses ini dapat menjadi perumpamaan mengenai proses pembentukan rohani kita. Allah mengijinkan kita mengalami persoalan, kesulitan dan kelemahan agar kita menjadi rendah hati dan mengandalkan kekuatan Allah. Paulus berkata, kuasa Allah menjadi sempurna dalam kelemahan kita.

Kita bisa saja menciptakan ilusi yang membuat kita merasa kuat dan mampu. Namun, ketika kesehatan, pekerjaan ataupun hubungan kita yang berharga dengan sesama tiba-tiba terenggut. Kita akan terhenyak dan menyadari bahwa kita perlu bergantung total kepada Allah. Ketika kita mengalami panasnya api penderitaan – baik secara fisik maupun emosional, baik dari luar maupun dari diri sendiri, Allah yang penuh kasih bermaksud memakai semua itu untuk memurnikan dan menguatkan kita.

Pokok Doa
Tuhan ajarlah aku bahwa kekuatan yang sesungguhnya itu datangnya daripada-Mu dan bukan karena kehebatanku.

Refleksi Diri
1. Menurut Paulus, mengapakah ia diberi suatu duri di dalam dagingnya?
2. Apakah janji Tuhan atas kelemahan-kelemahan kita?

Yang Harus Dilakukan
Penderitaan adalah bara api yang Allah gunakan untuk memurnikan dan menguatkan kita.

Kata - Kata Bijak
Allah menggunakan ujian untuk mengenyahkan kita dari kecemaran, karena itu hadapilah setiap ujian yang datang dalam kehidupan Anda dengan iman.

No comments: