Monday, July 06, 2015

TETAP FOKUS

Senin, 6 Juli 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Ibrani 12:1-17

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 5:1-16 ; Kejadian 13-15

Ayat Hafalan
Ibrani 12:3, “Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa.“

Orang-orang yang pernah berlayar ke Atlantik Utara pastinya mengamati fenomena aneh yaitu gunung es yang cenderung bergerak berlawanan dengan angin kencang. Angin datang dari utara, tetapi gunung es bergerak menuju utara. Alasannya adalah bagian terbesar di bawah air terperangkap dalam arus jauh di bawah permukaan dan tetap mengikutinya, bukan angin di permukaan.

Dalam kehidupan ini, tidak jarang kita bertemu dengan orang-orang yang kontra dengan kita, kritikan-kritikan yang mereka lontarkan dapat menghisap energi dan membuat kita terbawa arus sehingga lupa akan fokus hidup yang sesungguhnya. Yesus pun senantiasa menghadapi para pengkritik yang tak henti-hentinya mempertanyakan mengapa Ia berbuat begini dan begitu, tetapi Yesus tetap setia dalam proses yang harus dihadapi-Nya sehingga Ia tetap fokus pada panggilan yang telah Allah tetapkan dalam hidup-Nya. Oleh karena itu agar kita tetap fokus, ingatlah akan Dia yang sudah lebih dahulu menanggung bantahan tersebut. Semua itu dilakukan-Nya agar kita dapat meneladani-Nya dan tidak mudah menjadi putus asa dalam menjalani panggilan dan rencana Tuhan dalam kehidupan ini.

Pokok Doa
Tuhan ajarlah aku untuk tetap fokus pada panggilan dan rencana-Mu di dalam hidupku sekalipun banyak orang yang tak mendukung apa yang aku lakukan.

Refleksi Diri
1. Apa yang harus kita lakukan agar tetap fokus pada panggilan dan rencana Tuhan?
2. Teladan apakah yang Yesus tinggalkan sehingga Ia fokus pada panggilan hidup-Nya?

Kata - Kata Bijak
Kritik bisa memeras dan melemahkan semangat kita, namun kita tidak akan jatuh dan putus asa kalau selalu mengingat akan Dia.

Yang Harus Dilakukan
Mintalah tuntunan Tuhan agar Anda dapat tetap fokus pada apa yang hendak Anda lakukan hari ini.

No comments: