Wednesday, August 05, 2015

CARA ALLAH MENGUBAH KARAKTER KITA

Rabu, 5 Agustus 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Yunus 4:1-11

Ayat Hafalan
Galatia 2:20, “Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.“

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 22:23-46 ; Keluaran 34-35

Renungan Inspirasi
Dalam kitab Yunus kita dapat melihat cara Allah menggunakan berkat dan ujian untuk mengubah karakter kita menjadi lebih baik. Lima kali dikatakan bahwa Tuhanlah yang merencanakan keadaan yang dialami Yunus – keadaan yang baik maupun buruk. Dalam Yunus 1 dikatakan bahwa Tuhan mengirimkan badai. Setelah awak kapal mengetahui bahwa Yunus menjadi penyebab dari badai tersebut, mereka membuangnya ke laut. Dan atas penentuan Tuhan, Yunus tinggal di dalam perut ikan 3 hari lamanya. Selanjutnya, atas penentuan Tuhan pula tumbuhlah sebatang pohon Jarak untuk menaungi Yunus. Kemudian, Allah mengirim seekor ulat untuk menghabiskan pohon tersebut dan membiarkan sinar matahari seakan-akan menyakiti kepala Yunus.

Serangkaian peristiwa itu digunakan Allah untuk menyingkapkan sikap hati Yunus yang memberontak. Ketika kita menghadapi keadaan yang berbeda-beda, suka maupun duka, ingatlah ada Allah di sana. Ia memakai setiap keadaan untuk mengubah diri kita dan membimbing kita dalam perjalanan hidup ini untuk sampai kepada rencana-Nya yang agung.

Pokok Doa
Tuhan pakailah segala sesuatu di dalam hidupku untuk mengubahkanku menjadi seperti kehendak-Mu.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang membuat Yunus menjadi marah?
2. Apa pernyataan Tuhan terhadap amarah Yunus tersebut?

Kata - Kata Bijak
Tuhan memakai segala sesuatu untuk menjadikan kita sesuai dengan rencana-Nya.

Yang Harus Dilakukan
Kenalilah cara Allah menangani kehidupan Anda.

No comments: