Monday, August 03, 2015

DAPATKAH ANDA BERTAHAN TANPA BERBUAT DOSA?

Senin, 3 Agustus 2015

Bacaan Alkitab hari ini
1 Yohanes 1:1-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 21:23-46 ; Keluaran 29-30

Ayat Hafalan
1 Yohanes 1:7, “Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.“

Berapa lama Anda dapat bertahan tanpa berbuat dosa? Seminggu, sehari, atau satu jam?” Dapatkah Anda menjawab pertanyaan tersebut? Jika kita mau jujur, maka kita akan menjawab bahwa “tidak ada hari tanpa aku berbuat dosa.”

Kebenaran ini dapat membuat kita tertekan dan putus asa, karena bagaimanakah kita dapat hidup dengan benar di hadapan Allah yang Maha Tahu. Namun kita perlu bersyukur, karena kita dibenarkan bukan karena perbuatan kita, namun karena iman kita kepada Yesus.

Dalam iman kita dibenarkan bukan untuk dosa masa lalu saja, namun juga ketika kita jatuh dalam dosa saat ini. Asal kita bertobat dan bertekad untuk meninggalkan dosa dengan sungguh-sungguh, dengan yakin kita dapat datang kepada Yesus. Inilah pernyataan yang menguatkan iman kita, “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” Yesus telah menuntaskan masalah dosa itu bagi kita. Itulah sebabnya, Dia dapat membuat hati kita menjadi tahir (Mazmur 51:12), sehingga kita dapat terus berjalan dalam iman dan bertumbuh di dalam kepenuhan akan Dia.

Refleksi Diri
1. Berita  apakah yang patut  kita dengar agar  kita memahami kemerdekaan di dalam Kristus?
2. Apa yang harus kita lakukan agar  memperoleh kemerdekaan itu sendiri?

Pokok Doa
Tuhan dengan imanku  aku percaya bahwa  aku telah  menerima hidup yang baru  di dalam Engkau.

Kata - Kata Bijak
Yesus adalah pahlawan yang mengalahkan dosa  kita.

Yang Harus Dilakukan
Renungkanlah firman  yang Anda baca  hari ini terus-menerus sampai kebenaran firman  itu memerdekakan hidup Anda.

No comments: