Friday, August 21, 2015

DOSA DAPAT MERAMPAS KEMERDEKAAN YANG KITA MILIKI

Jumat, 21 Agustus 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Yosua 7:1-26

Ayat Hafalan
1 Yohanes 2:4, “Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran.”

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 2:22-47 ; Imamat 26-27

Renungan Inspirasi
Dengan yakin Yosua berpikir Israel akan memperoleh kemenangan sebab Tuhan menyertai mereka. Tapi, kenyataannya tiga ribu pasukan yang diutus untuk mengalahkan kota Ai kalah telak, belum lagi tiga puluh enam orang tewas dan yang lain melarikan diri. Peristiwa ini membuat Yosua terpukul. Kemudian Tuhan memberitahukan penyebab kekalahan mereka, seorang bernama Akhan telah melakukan pelanggaran yang membuat Tuhan murka. Tuhan memerintahkan Yosua untuk menguduskan bangsa Israel; Akhan dan keluarganya, serta seluruh miliknya dimusnahkan. Lalu surutlah murka Tuhan atas mereka.

Hal yang serupa bisa terjadi dalam kehidupan kita. Tuhan tidak ingin ada dosa yang kita sembunyikan. Walaupun kita hidup di zaman kasih karunia, tapi dosa harus dibereskan di hadapan Tuhan. Setiap pelanggaran pastilah ada konsekuensinya: rasa tertuduh, hubungan yang rusak, sakit penyakit, dsb. Tuhan mau kita mengalami kemenangan demi kemenangan. Jangan biarkan dosa merampas kemerdekaan yang telah kita miliki.

Pokok Doa
Tuhan ampunilah aku jika ada dosa yang terselubung di dalam hatiku.

Refleksi Diri
1. Apa yang terjadi dengan bangsa Israel ketika menghadapi bangsa Ai?
2. Bagaimanakah caranya mereka dipulihkan kembali?

Kata - Kata Bijak
Dosa adalah penghalang kita dengan Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Akuilah dosa Anda di hadapan Tuhan.

No comments: