Sunday, August 16, 2015

HIDUP SEPERTI SPONS

Minggu, 16 Agustus 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 2:1-6

Ayat Hafalan
Amsal 2:4-5, “Jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah.”

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 27:27-44 ; Imamat 17-18

Renungan Inspirasi
Suatu hari Thomas Alfa Edison menjadi tamu gubernur North California. Saat mereka berbincang, sang Gubernur memuji Edison atas kejeniusannya sebagai seorang penemu. “Saya bukan penemu besar,” ujar Edison. “Tetapi Anda memiliki lebih dari ribuan hak paten atas nama Anda, bukan?”tanya gubernur. “Ya, tapi satu-satunya penemuan yang benar-benar saya klaim sebagai karya saya sendiri adalah fonograf.” “Begini, saya kira saya adalah spons yang bagus. Saya menyerap ide-ide dari setiap orang dan menerapkannya menjadi sesuatu yang bernilai. Gagasan-gagasan yang saya gunakan kebanyakan merupakan dari orang lain yang tidak mereka kembangkan sendiri sampai tuntas.”

Menempatkan diri bagaikan spons, itulah yang perlu kita lakukan jika ingin meraih hal-hal yang lebih dari sebelumnya. Sayangnya, kadang karena merasa sudah tahu, sudah pernah mendengar, sudah pernah mengalami, maka tak jarang kita bersikap acuh atau kurang memberi perhatian terhadap sebuah ilmu atau informasi yang baru. Jadi, ke mana pun kita pergi, milikilah sikap yang selalu lapar atau semangat belajar. Dengan demikian, barulah kita dapat menyerap hal-hal baru yang membawa kita kepada keberhasilan.

Pokok Doa
Tuhan beri aku kerendahan hati agar bisa menerima dan menyerap pengetahuan yang ada.

Refleksi Diri
1. Bagaimanakah caranya agar kita memperoleh pengertian dan kepandaian?
2. Diumpamakan seperti mencari apa ketika kita mencari hikmat?

Kata - Kata Bijak
Merupakan hal yang benar untuk merasa puas dengan apa yang Anda punya, namun jangan pernah berpuas diri.

Yang Harus Dilakukan
Milikilah semangat untuk belajar di mana pun dan kapan pun juga.

No comments: