Sunday, August 23, 2015

KEMERDEKAAN ITU PERLU DIPERJUANGKAN

Minggu, 23 Agustus 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 2:1-10

Ayat Hafalan
Efesus 2:8-9, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,  itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 4:1-22 ; Bilangan 3-4

Renungan Inspirasi
Hidup adalah perjuangan. Setiap hari kita banyak menemui orang-orang yang berjuang demi hidupnya, di emper-emper jalan, di trotoar, di lampu-lampu merah. Orang rela melakukan apapun agar dapat tetap makan meski hanya untuk satu kali dalam sehari.  Bahkan kita pun rela bekerja keras, siang dan malam hanya untuk memperjuangkan hidup yang lebih baik. Padahal yang kita perjuangkan adalah hidup jasmani yang akan berakhir saat kita mati kelak.

Jika hidup yang sementara saja perlu diperjuangkan, bagaimana dengan hidup yang kekal?  Alkitab memberitahukan kepada kita bahwa hidup yang kekal tidak dapat diperoleh dengan perjuangan dan kerja keras, karena harganya terlalu mahal dan tak mungkin dapat kita beli. Oleh karena itu, Allah berinisiatif untuk memberikannya secara cuma-cuma kepada manusia. Cuma-cuma bukan berarti diobral atau murahan, melainkan hanya karena kekayaan rahmat Allah. Anugerah keselamatan yang Allah berikan merupakan bentuk kemerdekaan bagi manusia rohani kita, karena kita tidak perlu lagi hidup dalam belenggu dosa.

Pokok Doa
Tuhan aku bersyukur untuk rahmat-Mu yang besar dalam hidupku.

Refleksi Diri
1. Bagaimanakah kehidupan kita sebelum dimerdekakan oleh Allah?
2. Jaminan apakah yang kita terima ketika kita memperoleh kemerdekaan melalui salib Kristus?

Kata - Kata Bijak
Berjuanglah lebih untuk kehidupan yang takkan berakhir.

Yang Harus Dilakukan
Mengucap syukurlah atas kemerdekaan rohani yang telah Anda terima dari Allah.

No comments: