Saturday, August 08, 2015

KETIKA ALLAH BESERTA DENGAN KITA

Sabtu, 8 Agustus 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Yosua 1:1-7

Ayat Hafalan
Yosua 1:5, “Seorangpun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 24:1-28 ; Imamat 1-3

Renungan Inspirasi
Bangsa Israel sedang berada dalam masalah besar. Namun Tuhan berjanji kepada sang pemimpin baru, “Aku tidak akan membiarkan Engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” Yosua mengambil alih tampuk kepemimpinan atas bangsa Israel setelah kematian Musa, tepat sebelum mereka memasuki tanah perjanjian. Masalah yang tampak di depan mata adalah sejumlah pertempuran melawan musuh yang akan mereka hadapi. Tanpa kehadiran Allah, mereka tidak dapat melangkah maju untuk merebut tanah Kanaan, mereka tidak akan menerima kemerdekaan yang sesungguhnya.

Yosua memiliki iman yang kuat di dalam Tuhan, seperti yang terlihat ketika ia mengintai tanah Kanaan (Bilangan 14:6-9). Tetapi dengan murah hati Allah mengingatkan Yosua kembali ketika ia mengambil alih peran kepemimpinan itu, sehingga ia memiliki keberanian yang sama karena ia menyadari bahwa Allah beserta dirinya. Allah juga menjanjikan hal yang sama kepada anak-anak-Nya sekarang (Ibrani 13:5-6, “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.” Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: “Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?”). Bersama dengan Tuhan kita pasti akan menerima kemenangan demi kemenangan.

Pokok Doa
Tuhan aku bersyukur bahwa Engkau tidak akan pernah meninggalkanku. Tolonglah aku agar terus berpegang pada janji-Mu itu ketika masalah mengepungku dari segala sudut.

Refleksi Diri
1. Apa janji yang diberikan Tuhan kepada Yosua sebagai pemimpin bangsa Israel yang baru?
2. Syarat apakah yang harus dipenuhi Yosua agar janji itu tergenapi?

Kata - Kata Bijak
Ketika masalah datang, berserulah kepada Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Kemerdekaan apakah yang Anda harapkan dari Tuhan hari ini? Ingatlah bahwa Allah selalu beserta dengan Anda, Ia menjamin kemerdekaan atas masalah sebesar apapun!

No comments: