Monday, August 17, 2015

MAKNA KEMERDEKAAN

Senin, 17 Agustus 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Galatia 5:1-15

Ayat Hafalan
Galatia 5:13, “Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.”

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 27:45-66 ; Imamat 19-20

Renungan Inspirasi
Di hari kemerdekaan, biasanya kita akan melihat pertunjukan kembang api warna-warni secara besar-besaran. Ada pula pertunjukan bom-bom yang meletus di udara, biasanya pertunjukan ini dipertontonkan di istana kepresidenan pada saat upacara perayaan kemerdekaan usai dilaksanakan. Pertunjukan-pertunjukan ini merupakan ekspresi bahagia masyarakat terhadap kemerdekaan yang mereka miliki. Betapa berharga kemerdekaan bagi sebuah bangsa, tidak hanya kebahagiaan yang mereka peroleh, kemerdekaan juga memberikan pengharapan akan hari depan yang lebih baik.

Sebagai pengikut Kristus, kemerdekaan rohani merupakan tanda kebebasan kita dari hukum-hukum Taurat yang penuh dengan batasan. Akan tetapi, Alkitab memperingatkan kita untuk tidak menggunakan kemerdekaan rohani untuk maksud-maksud memenuhi kepentingan diri sendiri (Galatia 5:13). Tidak semua orang memiliki kemerdekaan dalam berpolitik dan beragama, tetapi semua orang yang percaya kepada Kristus memiliki kemerdekaan rohani. Janganlah kita menggunakannya untuk memaksakan kehendak kita kepada orang lain, melainkan untuk menunjukkan kasih dan kuasa Allah.

Pokok Doa
Tuhan terima kasih buat kasih karunia-Mu yang menebus hidupku secara tuntas, sehingga aku menjadi pribadi yang merdeka di dalam Engkau.

Refleksi Diri
1. Apa tanda bahwa kita telah dimerdekakan?
2. Bagaimanakah seharusnya kita menjalani kemerdekaan yang telah diberikan Kristus?

Kata - Kata Bijak
Kemerdekaan memberi kita hak untuk melakukan apa yang menyenangkan Allah, bukan diri sendiri.

Yang Harus Dilakukan
Jalanilah hidup Anda sebagai orang yang merdeka di dalam Kristus.

No comments: