Monday, August 24, 2015

MERDEKA ATAS AMARAHMU

Senin, 24 Agustus 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 37:1-11

Ayat Hafalan
Mazmur 37:5-6, “Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak; Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang.”

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 4:23-37 ; Bilangan 5-6

Renungan Inspirasi
Dalam buku rekor Guinness 2005, Percy Arrowsmith dan Florence tercatat sebagai suami-istri tertua di dunia. Mereka telah menikah selama 80 tahun; Percy berusia 105 tahun dan istrinya 100 tahun. Keduanya masih mencintai, apa rahasianya? “Sederhana,” kata mereka. “Kami tidak akan pergi tidur sebelum menyelesaikan konflik. Tidak enak tidur membawa kemarahan. Jika bertengkar, kami berusaha saling mengampuni sebelum larut malam, supaya hari itu bisa ditutup dengan ciuman dan genggaman tangan.”

Kemarahan bisa datang mendadak dalam hati dan pikiran kita; ketika kita dicurangi, dituduh bersalah, atau saat mengalami ketidakadilan. Bacaan hari ini ditulis bagi orang yang panas hatinya ketika melihat orang-orang jahat di sekelilingnya hidup dengan bahagia, padahal mereka berbuat curang, melakukan tipu daya, tetapi sepertinya hidupnya lebih baik ketimbang dirinya. Kemarahan seperti ini jika dipendam akan berbuahkan iri hati dan kepahitan. Maka pemazmur menasihati agar berhenti marah dan menyerahkannya kepada Tuhan. Biarlah Tuhan yang bertindak dan memunculkan keadilan. Kemarahan seperti itu tidaklah berguna. Jika disimpan, ia bagai sampah yang membusukkan hati.

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk menyerahkan hatiku kepada-Mu sehingga aku tidak perlu iri hati kepada mereka yang berbuat jahat dalam hidupnya.

Refleksi Diri
1. Mengapa kita tidak perlu marah terhadap orang yang berbuat jahat?
2. Apa yang harus kita lakukan agar merdeka atas rasa marah?

Kata - Kata Bijak
Kemarahan itu seperti kanker, ia harus dibabat sebelum merambat.

Yang Harus Dilakukan
Serahkan seluruh hati dan pikiranmu kepada Tuhan, biarkan Ia bekerja dan menunjukkan keadilan-Nya atas hidupmu.

No comments: