Thursday, August 13, 2015

MERDEKA DARI PRASANGKA NEGATIF

Kamis, 13 Agustus 2015

Bacaan Alkitab hari ini
2 Samuel 10:1-19

Ayat Hafalan
Filipi 4:8, “Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.”

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 26:26-56 ; Imamat 13

Renungan Inspirasi
Sesudah raja bani Amon mati, Hanun menggantikan posisi ayahnya. Daud sebagai sahabat dari kerajaan Amon, berinisiatif menunjukkan simpatinya melalui utusannya. Tetapi sayangnya, pemuka-pemuka bani Amon menilai bahwa utusan Daud datang bukan untuk menjalin persahabatan. Mereka berpikir bahwa utusan Daud datang untuk menyelidiki kota itu. Hanun percaya dengan pemikiran tersebut dan mempermalukan utusan-utusan Daud. Mendengar hal itu, perang pun tak terhindarkan, hingga akhirnya bani Amon pun takluk. Sebenarnya perang tidak perlu terjadi, jika bani Amon tidak berprasangka buruk terhadap maksud baik Daud. Pikiran negatif itu menghancurkan segalanya, termasuk hubungan baik.

Theodore Geisel, seorang kartunis ternama yang dikenal dengan julukan Dr. Seuss, pernah mengatakan bahwa “prasangka adalah semua yang ada di kepala Anda.  Prasangka menciptakan apa yang tidak ada menjadi ada.” Perang yang semestinya tidak ada menjadi ada, karena prasangka buruk. Kecurigaan yang seharusnya tidak ada menjadi ada, gara-gara sikap negatif kita. Bila kita mengerti bahwa prasangka negatif dapat membawa banyak kerugian, mari belajar untuk selalu berpikir positif terhadap siapapun.

Pokok Doa
Tuhan ajari aku untuk tidak mudah berprasangka negatif terhadap orang-orang.

Refleksi Diri
1. Apa yang membuat Hanun mempermalukan pegawai-pegawai Daud?
2. Konsekuensi apakah yang diterima akibat perbuatannya itu?

Kata - Kata Bijak
Prasangka negatif dapat merusak hubungan.

Yang Harus Dilakukan
Dengan merenungkan firman Tuhan setiap hari, memampukan Anda untuk selalu berpikir positif.

No comments: