Monday, September 21, 2015

IBU YANG BIJAKSANA

Senin, 21 September 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Kejadian 27:1-40

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 20:17-38 ; Yosua 10-12

Ayat Hafalan
Amsal 12:4, “Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi  yang membuat malu  adalah seperti penyakit  yang membusukkan tulang suaminya.”

Renungan Inspirasi
Lamanya usia pernikahan tidak menjamin kehidupan suami-istri berjalan dengan baik, seia-sekata, saling menghormati, memahami, terbuka dan saling mendukung. Kita melihat, meski telah menjalani hidup bersama selama 40 tahun, ternyata Ribka masih bisa bersikap egois di dalam rumah tangganya sendiri. Firman Tuhan hari ini mencatat bagaimana Ribka mendengarkan percakapan antara Ishak dan Esau, sehingga kemudian ia menyuruh Yakub untuk membohongi Ishak. Tujuannya tak lain supaya Yakub, anak kesayangannya mendapatkan berkat yang seharusnya untuk Esau.

Cobalah kita evaluasi kembali kehidupan rumah tangga kita. Sudahkah kita memiliki kesehatian dengan suami dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam mendidik anak? Sudahkah kita mengasihi anak-anak kita semua dengan adil? Demikian juga, sudahkah kita benar-benar mengandalkan Allah? Dan yang terpenting, sudahkah kita menjadi teladan iman bagi mereka? Jadilah ibu yang bijaksana bagi anak-anak demi terwujudnya rumah tangga yang harmonis.

Refleksi Diri
1. Setelah mendengar percakapan Ishak dengan Esau, rencana apakah yang dibuat Ribka?
2. Apa yang terjadi akibat  perbuatan Ribka itu?

Pokok Doa
Tuhan, tolonglah aku agar  menjadi pribadi yang lebih bijaksana dan menjadi berkat bagi orang-orang yang ku temui  dalam kehidupanku sehari-hari.

Kata - Kata Bijak
Didiklah anak dengan iman yang teguh kepada Allah.

Yang Harus Dilakukan
Ambillah waktu untuk  mengevaluasi hubungan Anda dengan pasangan.

No comments: