Sunday, September 20, 2015

PENGARUH SEORANG AYAH

Minggu, 20 September 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 6:1-11

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 20:1-16 ; Yosua 7-9

Ayat Hafalan
Efesus  6:4, “Dan kamu,  bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi  didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.”

Renungan Inspirasi
Sebuah survey menyatakan bahwa delapan puluh persen dari semua yang dipelajari anak-anak dalam 12 tahun pertamanya diserap melalui mata mereka. Banyak hal yang diserap anak-anak oleh penglihatannya melalui berbagai bacaan, acara TV, film, peristiwa, lingkungan dan pengamatan terhadap perilaku orang lain, terutama keluarga mereka.

Paulus mendorong para ayah untuk tidak membangkitkan amarah dalam hati anak-anak mereka, melainkan mendidik mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. Bayangkan betapa besarnya pengaruh teladan seorang ayah yang melalui perilaku dan konsistensinya menumbuhkan rasa kagum dari anak-anak mereka. Sang ayah memang tidaklah sempurna, tetapi ia sedang bergerak maju ke arah yang benar. Pengaruh yang besar sedang bekerja ketika tingkah laku kita mencerminkan karakter Allah. Itu sebabnya Paulus mendesak kita untuk hidup kuat didalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Hanya lewat kekuatan kuasa-Nya, kita dapat mencerminkan kasih dan kesabaran Bapa kita di surga.

Refleksi Diri
1. Perintah apakah yang diberikan kepada para  ayah?
2. Berkat apakah yang akan diterima oleh mereka yang melaksanakan ketaatan dan kasih?

Pokok Doa
Tuhan, aku ingin mengalami dan membagikan kesabaran dan kebaikan-Mu dengan orang-orang yang aku kasihi.

Kata - Kata Bijak
Kita mengajari anak-anak kita jauh lebih banyak melalui cara  hidup kita daripada melalui perkataan kita.

Yang Harus Dilakukan
Berikanlah teladan yang baik bagi anak-anak Anda.

No comments: