Thursday, September 17, 2015

PENTINGNYA MENDIDIK ANAK

Kamis, 17 September 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Ulangan 6:1-25

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 18 ; Ulangan 32-34

Ayat Hafalan
Ulangan 6:7, “Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk  di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”

Renungan Inspirasi
Para Ayah di Israel diperintahkan untuk mengajarkan firman yang berisi perjanjian Allah saat mereka duduk berkumpul di meja makan (ay.7). Kebutuhan tersebut ditekankan dalam Alkitab karena terdapat fakta yang sangat tragis bahwa tidak setiap orang saleh memiliki anak-anak yang saleh, bahkan hidup mereka berakhir dengan tragedi. Imam besar Eli dan Nabi Samuel keduanya mempunyai putera-putera yang menghancurkan hati ayahnya (1 Samuel 2:12, 1 Samuel 8:1-3). Ketika anak-anak imam dan nabi tersebut tidak hidup dalam jalan-jalannya Tuhan, mereka dapat membuat seluruh bangsa mengalami masalah.

Melatih anak-anak kita untuk menempuh jalan yang benar dan kemudian membantu mereka mempertahankan jalan itu hingga mereka dewasa adalah lebih penting, daripada melakukan kegiatan pelayanan yang hanya memuaskan diri sendiri. Hal ini sangat sesuai dengan rencana utama Allah yaitu keluarga-keluarga kita akan menjadi teladan dari hidup yang saleh dalam dunia yang dipenuhi dengan kegelapan ini.

Refleksi Diri
1. Kewajiban apakah yang harus dijalankan oleh para  orang  tua di Israel?
2. Mengapa  anak-anak di Israel harus diceritakan akan sejarah Israel itu sendiri?

Pokok Doa
Tuhan, Engkau  memiliki  firman  kehidupan yang kekal,  tolonglah aku agar  dapat menghidupi dan mengajarkannya kepada anak-anakku sehingga firman-Mu menjadi nyata bagi dunia ini.

Kata - Kata Bijak
Mendidik anak dalam jalan Tuhan merupakan bekal  bagi masa tua mereka.

Yang Harus Dilakukan
Didiklah anak-anak Anda dalam jalan-jalan Tuhan.

No comments: