Wednesday, September 23, 2015

PERHATIAN YANG TERALIHKAN

Rabu, 23 September 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 13:14-22

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 21:27-40 ; Yosua 16-18

Ayat Hafalan
Matius 13:15, “Sebab  hati bangsa ini telah  menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan  mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya,  lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.”

Renungan Inspirasi
Berkembangnya industri komunikasi telah mengubah cara orang berkomunikasi, “yang jauh semakin dekat dan yang dekat semakin jauh.” Dalam sebuah artikel diberitakan bahwa penggunaan smart phone telah menggeser perhatian orang pada jamuan makan malam keluarga. Ketika seharusnya pada jamuan makan malam, masing-masing anggota keluarga dapat menikmati kebersamaan dan makanan yang dihidangkan, kini di atas meja makan yang sama mereka masing-masing menikmati percakapan di dunia maya. Kirim- mengirim pesan singkat dan tersita perhatiannya untuk mengurus urusan bisnis.

Betapa mudahnya perhatian kita teralihkan, baik dalam hubungan kita dengan sesama maupun dengan Tuhan. Yesus mengatakan kepada para pengikut-Nya bahwa gangguan rohani dan komunikasi kita dengan sesama itu dimulai dari hati yang menjadi semakin bebal, telinga yang semakin enggan untuk mendengar dan mata yang melekat tertutup. Oleh karena itu, alangkah besar manfaatnya jika kita menghabiskan waktu dari hari ke hari untuk memusatkan perhatian kita sepenuhnya kepada Tuhan, dan menghalau segala hal yang mengusik pikiran dan hati kita.

Refleksi Diri
1. Apakah yang membuat kita sulit memahami kebenaran firman  Allah?
2. Apa yang terjadi dengan setiap benih yang dijatuhkan penabur?

Pokok Doa
Tuhan, tolong aku untuk  dapat menghalau semua gangguan di sekitarku dan hanya berfokus kepada-Mu.

Kata - Kata Bijak
Memusatkan perhatian pada Kristus akan menempatkan segala sesuatu pada perspektif yang seharusnya

Yang Harus Dilakukan
Milikilah waktu yang berkualitas bersama keluarga Anda.

No comments: