Friday, September 18, 2015

TANGGUNG JAWAB ORANG TUA KRISTEN

Jumat, 18 September 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Lukas 15:11-32

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 19:1-20 ; Yosua 1-3

Ayat Hafalan
Lukas 15:23-24, “Dan ambillah anak lembu  tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita. Sebab  anakku ini telah  mati dan menjadi hidup kembali, ia telah  hilang dan didapat kembali. Maka mulailah mereka bersukaria.”

Renungan Inspirasi
Bukti bahwa kita mengasihi anak-anak kita yaitu mengajarkan mereka untuk mengenal Allah, memahami firman-Nya dan berjalan di dalam-Nya. Kita percaya bahwa anak-anak yang diajari dengan baik akan berbalik kepada Allah dan kita juga percaya janji bahwa rumah tangga kita akan diselamatkan melalui kesaksian kita. Namun tidak ada jaminan otomatis bahwa anak-anak kita akan mengikuti Allah, karena keselamatan adalah kehendak bebas semua orang.

Perumpamaan tentang anak yang hilang menunjukkan kepada kita bahwa anak-anak yang dibesarkan dengan cara yang paling baik sekalipun dapat menjadi keras kepala dan memberontak. Sebagai orangtua Kristen, tanggung jawab kita adalah menetapkan teladan yang baik dan konsisten bagi anak-anak kita. Kita percaya meskipun mereka harus berhadapan dengan daya tarik dosa, mereka akan dengan suka rela berbalik kepada hubungan pribadinya dengan Allah.

Refleksi Diri
1. Bagaimana sikap anak bungsu terhadap ayahnya?
2. Setelah semua peristiwa yang dialami  anak bungsu, pada akhirnya keputusan apakah yang diambilnya?

Kata - Kata Bijak
Hidupku adalah contoh  bagi orang  lain, entah itu baik atau  buruk!

Pokok Doa
Tuhan, tolonglah aku agar  dapat melaksanakan tugasku sebagai orangtua.

Yang Harus Dilakukan
Lakukan tanggung jawab Anda sebagai orangtua.

No comments: