Saturday, September 19, 2015

TELADAN ORANG TUA

Sabtu, 19 September 2015

Bacaan Alkitab hari ini
2 Samuel 19:1-8

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 19:21-41 ; Yosua 4-6

Ayat Hafalan
Mazmur 86:11, “Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya TUHAN, supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu; bulatkanlah hatiku untuk  takut  akan nama-Mu.”

Renungan Inspirasi
Ketika berita disampaikan kepada Daud bahwa Absalom terbunuh, ia menangis dengan keras. Daud melihat dirinya sendiri di dalam diri putranya, Absalom; ia pernah berbuat curang, membunuh seorang pria yang setia dan baik, serta mencuri istrinya yang cantik dan dicintai. Ia menulis sebuah Mazmur pertobatan di muka umum, namun hidupnya telah menjadi contoh tidak baik yang diikuti Absalom. Absalom yang hidupnya dimanjakan berusaha merebut takhta Daud, mengakibatkan nyawanya sendiri melayang dalam perang saudara yang dimulainya.

Berdoa saja, tidaklah cukup. Anak-anak kita membutuhkan firman Allah juga, karena firman Allah berbicara lebih keras dibandingkan kesaksian. Firman Allah yang kita sampaikan mampu mendidik anak-anak kita. Jika kita merindukan keluarga ilahi tercipta, maka ketahuilah bahwa Allah ada di pihak kita. Ia fokus untuk menciptakan sebuah keluarga ilahi yang melaluinya seluruh bumi dapat diberkati. Marilah kita melakukan segala upaya untuk membangun kembali altar dan berikanlah teladan hidup yang benar bagi keluarga kita.

Refleksi Diri
1. Dilema apakah yang dihadapi Daud saat itu?
2. Akibat kematian Absalom,  apa yang terjadi dengan bangsa Israel?

Pokok Doa
Tuhan, saya mau berjuang untuk  hidup sesuai dengan firman-Mu, karena keluarga saya akan mengikuti teladan saya lebih daripada kata-kata yang saya ucapkan.

Kata - Kata Bijak
1 Teladan  lebih berdampak daripada 1000 kata-kata.

Yang Harus Dilakukan
Bangunlah mezbah keluarga dimana di dalamnya terdapat pujian-penyembahan, doa dan firman Allah disampaikan

No comments: