Saturday, September 26, 2015

WARISAN IMAN

Sabtu, 26 September 2015

Bacaan Alkitab hari ini
2 Timotius 1:3-5

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 23:12-35 ; Hakim-Hakim 1-3

Ayat Hafalan
2 Timotius 1:5, “Sebab  aku teringat akan imanmu yang tulus  ikhlas,  yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.”

Renungan Inspirasi
Dalam sebuah iklan di televisi baru-baru ini dikisahkan tentang seorang ayah yang diketahui mengidap penyakit kronis. Ia membayangkan hari-hari gelap bagi keluarganya, “Siapa yang akan membiayai pengobatanku? Seandainya kelak saya mati, warisan apakah yang akan saya tinggalkan bagi anak-istri.” Tiba-tiba wajahnya berubah ceria dan semangatnya muncul tatkala ia teringat bahwa jasa asuransi yang diikutinya bisa menjadi solusi dari semua yang dikhawatirkannya. Biaya pengobatan dijamin, dan jika ia mati pun ada sejumlah uang yang dapat ia wariskan.

Sebagai orang tua tentunya kita ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anak. Akan tetapi, warisan iman jauh lebih berharga dibandingkan warisan materi yang kita berikan. Lihatlah kehidupan Timotius, lihatlah bagaimana iman itu diwariskan dari generasi ke generasi; mulai dari sang nenek Louis, sang ibu Eunike sampai kepada cucu yakni Timotius. Iman yang telah diwariskan tidaklah sia-sia, menjadi rekan Paulus jelas tidak mudah.  Sejarah mencatat, Timotius sangat dihormati orang-orang Kristen di Listra maupun Ikonium.  Hal-hal yang kelihatan dibangun oleh hal-hal yang tidak kelihatan.

Refleksi Diri
1. Kualitas  apakah yang dimiliki oleh Timotius?
2. Darimanakah datangnya pembentukan diri Timotius?

Pokok Doa
Tuhan, aku mau memberikan warisan yang kekal  kepada anak-anakku agar  kelak  mereka terus bertumbuh dalam iman dan percaya mereka kepada Engkau.

Kata - Kata Bijak
Berikan warisan iman yang teguh  kepada anak-cucu Anda.

Yang Harus Dilakukan
Sudahkah Anda memiliki  iman yang dapat diwariskan kepada anak-cucu Anda?

No comments: