Monday, October 12, 2015

BAGAIMAMA CARANYA AGAR TIDAK MUDAH TERPURUK DALAM KEGAGALAN

Senin, 12 Oktober 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 90:1-17

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 9:1-15 ; 1 Samuel 19-21

Ayat Hafalan
Mazmur 90:12, “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. ”

Renungan Inspirasi
Sastrawan Henry James mengibaratkan pengalaman sebagai jaring laba-laba raksasa. Seringkali yang kita sebut dengan ‘pengalaman’ sesungguhnya merupakan kumpulan kesalahan atau kegagalan yang pernah kita alami. Akibatnya, sebagai orang yang telah membuat banyak kesalahan dalam hidup ini, kita memandang hari depan dengan penuh rasa takut. Kita tidak mempunyai cukup keberanian untuk mengambil langkah berikutnya.

Mazmur 90 berbentuk ratapan umat yang mengenang kembali peristiwa- peristiwa masa lampau yang selalu ada dalam bahaya. Selain itu juga mengungkapkan bahwa kelemahan manusia menjadi penyebab utama kesalahan-kesalahan yang mereka alami di semua bidang kehidupan; keluarga, pekerjaan, dsb. Itulah yang terkadang membuat kita merasa bahwa hidup ini adalah rentetan kesalahan. Ora et labora, berdoa dan bekerja, itulah yang harus dilakukan agar kita tidak terus-menerus terpuruk dalam kesalahan maupun kegagalan. Melalui doa dan bekerja, kita bergulat melepaskan diri dari kecenderungan berbuat jahat dan berserah kepada Tuhan agar mampu mengikuti jalan-jalan-Nya.

Refleksi Diri
1. Seperti apakah manusia itu dihadapan Allah?
2. Bagaimanakah caranya agar kita dapat menjadi pribadi yang bijaksana?

Pokok Doa
Tuhan, memakai kekuatanku sendiri tidak akan melepaskan aku dari perasaan tertuduh ini. Aku mau bergantung sepenuhnya kepada-Mu, karena hanya Engkaulah satu- satunya penolong hidupku.

Kata - Kata Bijak
Ora et labora, berdoalah dan bekerjalah.

Yang Harus Dilakukan
Ambillah langkah untuk berdoa, juga bekerja untuk bangkit dari kegagalan Anda.

No comments: