Friday, October 30, 2015

HARGAI WAKTU YANG TUHAN BERIKAN

Jumat, 30 Oktober 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 5:15-21

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 7:17-40 ; 1 Raja-Raja 8-9

Ayat Hafalan
Efesus 5:15-16, “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari- hari ini adalah jahat.”

Renungan Inspirasi
Jika kita ingin mengetahui makna satu tahun, bertanyalah kepada mereka yang pernah tinggal kelas. Jika kita ingin mengetahui makna satu bulan, bertanyalah kepada mereka yang salah potong rambut. Jika kita ingin mengetahui makna satu minggu, bertanyalah kepada mereka yang bekerja sebagai editor majalah mingguan. Jika kita ingin mengetahui makna satu hari, bertanyalah kepada mereka yang bekerja sebagai buruh harian. Jika kita ingin mengetahui makna satu jam, bertanyalah kepada mereka yang sedang menunggu kekasihnya. Jika kita ingin mengetahui makna satu menit, bertanyalah kepada mereka yang ketinggalan kereta. Jika kita ingin mengetahui makna satu detik, bertanyalah kepada mereka yang selamat dari kecelakaan. Jelaslah, waktu sangat berharga.

Kepada jemaat di Efesus, Paulus mengingatkan untuk memperhatikan hidup mereka. Waktu terus berjalan.  Tidak ada seorang pun yang bisa memutar kembali waktu. Karena itu, jangan biarkan waktu berlalu tanpa makna. Melalui kebenaran firman Tuhan yang kita baca hari ini, mari kita belajar untuk menggunakan waktu yang ada dengan melakukan apa yang baik dan benar di mata Allah. Menggunakan waktu sebaik mungkin akan menolong kita untuk menghayati bahwa setiap waktu memiliki berkat tersendiri. Saat kita menyadari bahwa waktu yang kita miliki sangat berharga, maka saat itulah kita sedang belajar mensyukuri hidup ini.

Refleksi Diri
1. Mengapa kita harus memperhatikan bagaimana cara kita hidup?
2. Apakah yang harus kita lakukan senantiasa?

Pokok Doa
Tuhan, ajarlah aku untuk menghargai waktu yang Kau berikan dengan bijaksana.

Kata - Kata Bijak
Bijaksanalah kita menggunakan waktu agar hidup tak menjadi sia-sia.

Yang Harus Dilakukan
Hargai waktu yang Tuhan berikan dan ucapkanlah syukur senantiasa.

No comments: