Sunday, October 18, 2015

KEMULIAAN TUHAN DALAM PEKERJAAN TANGANNYA

Minggu, 18 Oktober 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 19:1-7

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 13 ; 2 Samuel 3-5

Ayat Hafalan
Mazmur 19:2, “Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya”

Renungan Inspirasi
Kolonel David Crockett adalah seorang pahlawan Amerika yang gugur dalam pertempuran Alamo. Dalam bukunya yang berjudul, David Crockett: His Life And Advanture, diceritakan bahwa suatu kali Kolonel David sempat berhenti di atas pelana kudanya dan dengan mata terpesona, ia berseru: “Oh Tuhan, betapa indahnya alam yang telah Engkau ciptakan bagi manusia! Namun, betapa sedikitnya manusia membalas budi-Mu untuk itu! Kami bahkan tidak membalas-Mu dengan rasa syukur.” Kolonel David menyadari bahwa pekerjaan tangan Sang Pencipta harusnya diresponi dengan ucapan syukur, namun sayangnya hal itu seringkali kita lalaikan atau abaikan.

Pemazmur menulis, “Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya” (ay.2). Jika kita memahami, pekerjaan tangan Allah adalah suatu pemandangan yang tidak hanya membuat kita takjub, tetapi juga menggerakkan kita untuk menyembah dan memuji Allah, seperti yang dilakukan pemazmur. Menjumpai keajaiban karya ciptaan Allah seharusnya menggerakkan hati kita untuk setidaknya bersyukur. Sudahkah hari ini kita bersyukur kepada-Nya?

Refleksi Diri
1. Bagaimanakah alam semesta menceritakan kemuliaan Allah?
2. Apakah yang dapat kita lakukan sebagai ungkapan syukur kepadaNya?

Pokok Doa
Tuhan, aku kagum akan ciptaan-Mu di sepanjang cakrawala membentang. Kuasa-Mu membuatku bersyukur memiliki Allah yang luar biasa seperti Engkau.

Kata - Kata Bijak
Kemuliaan Allah terpancar melalui karya ciptaan-Nya.

Yang Harus Dilakukan
Pandanglah sekeliling Anda dan ucapkanlah syukur kepada Allah.

No comments: