Saturday, October 03, 2015

MENGATASI DOSA KESOMBONGAN

Sabtu, 3 Oktober 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Yakobus 4:6-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 1 ; Hakim-Hakim 19-21

Ayat Hafalan
Yakobus 4:6, “Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

Renungan Inspirasi
Ada suatu kebiasaan yang dilakukan oleh warga kota Roma kuno ketika seorang jenderal pulang dari peperangan dengan membawa kemenangan. Mereka akan mengadakan pawai yang diikuti oleh seluruh pasukan sang jenderal, kemudian disusul dengan barisan tawanan perang yang menunjukkan bukti dari kemenangan mereka tersebut. Untuk mencegah agar ego dari sang jenderal tidak membumbung tinggi, seorang budak ditempatkan bersama dengannya di dalam kereta untuk mengingatkan sang jenderal pada saat warga Roma melontarkan puji-pujian bahwa ia pun mahluk fana.

Ketika kita memperoleh keberhasilan, kita bisa saja mengabaikan kelemahan kita sendiri dan membiarkan hati kita dipenuhi dengan kesombongan yang menghancurkan. Yakobus mengingatkan kita untuk menjauhi bahaya kesombongan dan mengarahkan kita agar memiliki sikap rendah hati. Hanya Tuhan yang layak mendapat ucapan syukur dan pujian atas keberhasilan, prestasi ataupun pencapaian lainnya. Semua itu merupakan karya belas kasihan Allah yang tiada bandingannya dan yang kita butuhkan untuk selamanya.

Refleksi Diri
1. Bagaimanakah caranya agar kita dapat mengalami kasih karunia Allah?
2. Hal apakah yang harus kita lakukan agar kita dapat memperoleh kemuliaan yang sesungguhnya?

Kata - Kata Bijak
Dia harus makin bertambah, dan kita harus makin berkurang agar nama-Nya saja yang selalu ditinggikan.

Pokok Doa
Tuhan, aku bersyukur untuk anugerah dan belas kasihan-Mu yang baru setiap hari sehingga memampukan aku menghadapi tantangan.

Yang Harus Dilakukan
Rendahkanlah diri kita dihadapan Allah agar kasih karunia-Nya dapat bekerja atas kita.

No comments: