Thursday, October 01, 2015

MENGUCAP SYUKUR DALAM SEGALA HAL

Kamis, 1 Oktober 2015

Bacaan Alkitab hari ini
1 Tesalonika 5:16-22

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 27:27-44 ; Hakim-Hakim 13-15

Ayat Hafalan
1 Tesalonika 5:18, “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.“

Renungan Inspirasi
Harga dollar melambung tinggi, kebutuhan sandang-pangan-papan pun melonjak tak terkira. Beberapa bahan pokok makanan pun menghilang di pasaran. Para pegawai ketar-ketir menunggu giliran datangnya jatah PHK. Tidak sedikit perusahaan yang mulai gulung tikar. Dalam situasi seperti ini, apakah kita masih bisa mengucap syukur?

Firman Tuhan hari ini menantang kita untuk tetap mengucap syukur dalam segala hal. Tidak ada pilihan lain! Allah menghendaki kita untuk bersyukur di tengah situasi yang tersulit sekalipun. Ketika kita berada dalam kesusahan, memang sulit rasanya untuk mengucap syukur, tapi itu tidaklah mustahil. Daniel tetap “berdoa dan memuji Allahnya” (Daniel 6:10) ketika tahu bahwa hidupnya dalam bahaya. Yunus berseru “dengan ucapan syukur” (Yunus 2:9) ketika berada di perut ikan. Teladan-teladan ini, dapat mengilhami kita untuk bersyukur dalam segala hal.

Refleksi Diri
1. Nasihat apakah yang diberikan Paulus kepada kita?
2. Apa yang menjadi kehendak Allah bagi kita?

Pokok Doa
Tuhan, aku mau belajar mengucap syukur dalam suka maupun duka, firman-Mu menjadi pelita agar aku tidak mudah tersesat dalam segala situasi.

Kata - Kata Bijak
Dalam segala situasi, kita bisa bersyukur bahwa Allah tak pernah meninggalkan kita sendiri.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk mengucap syukur dalam situasi yang baik maupun tidak baik.

No comments: