Sunday, October 25, 2015

PENYEBAB IMAN BERHENTI BEKERJA

Minggu, 25 Oktober 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Markus 11:20-26
Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 3 ; 2 Samuel 21-22

Ayat Hafalan
Markus 11:25, “Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.”

Renungan Inspirasi
Presiden Abraham Lincoln bukan hanya dikenal sebagai pribadi yang pantang menyerah, ia juga mampu menghadapi orang-orang yang selalu mengeritiknya dan menghinanya. Salah satunya Edwin Stanton, kritikus kasar pada awal Perang Saudara, ia mengatai Lincoln dengan sebutan “gorila”. Abraham Lincoln tidak pernah menanggapi kritik Stanton, ia malah menunjuk Edwin Stanton sebagai Sekretaris Perangnya pada tahun 1862. Keduanya saling bahu-membahu dalam pemerintahan selama perang sipil. Hubungan mereka begitu dekat, mereka bekerja bersama-sama sampai malam yang naas di Teater Ford ketika peluru mengakhiri hidup Sang Presiden. Menurut saksi mata, Edwin Stanton berkata, “Disini terbaring penguasa terbesar manusia di dunia yang pernah ada.” Keputusan Lincoln untuk mengampuni dan melibatkan Stanton di pemerintahannya, menunjukkan hati Lincoln yang tidak pernah berniat untuk membalas dendam.

Dalam bacaan hari ini, kita melihat tidak bersedia memberi maaf atau ampun adalah satu-satunya rintangan bagi iman. Oleh sebab itu, memberi maaf merupakan sikap yang sangat penting. Jangan biarkan sesuatu apapun menyusup ke dalam pikiran kita untuk berpikir buruk tentang orang lain atau mendendam terhadap orang lain agar iman dapat bekerja dengan maksimal dalam
kehidupan kita.

Refleksi Diri
1. Apakah yang dimaksud dengan iman menurut penjelasan Yesus dalam bacaan hari ini?
2. Syarat apakah yang diberitahukan Yesus agar iman dapat bekerja?

Pokok Doa
Tuhan, aku tidak mau membiarkan rasa dendam atau tidak memaafkan orang lain ada dalam hatiku. Aku menolak untuk menyimpan kepahitan terhadap orang lain.

Kata - Kata Bijak
Mengampuni membuat doa kita berjalan mulus dan iman kita bekerja dengan sempurna.

Yang Harus Dilakukan
Ampunilah orang-orang yang pernah menyakiti hati Anda.

No comments: