Friday, October 23, 2015

PERCAYA PADA JAWABAN ALLAH

Jumat, 23 Oktober 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Kejadian 15:1-6

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 1 ; 2 Samuel 16-18

Ayat Hafalan
Mazmur 18:31, “Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji TUHAN adalah murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya.”

Renungan Inspirasi
Dalam bacaan hari ini, kita melihat dialog dari hati ke hati antara Abram dan Tuhan. Hal ini mengajak kita untuk memahami sebuah keunikan dari esensi doa. Doa Abram dilandasi perasaan khawatir karena Abram akan mati dengan tidak memiliki anak. Secara tradisi, keturunan merupakan hal yang penting di zaman itu. Sebab apalah gunanya harta yang melimpah, jika tidak memiliki anak. Namun, keraguan Abram lenyap sejalan dengan janji Tuhan kepadanya, “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu!” (ay. 5). Lalu percayalah Abram.

Salah satu hasil dari doa adalah percaya pada jawaban Tuhan saat tampaknya tidak ada jalan. Tentu Tuhan tidak berjanji akan menjawab dengan cara yang sama seperti Ia menjawab Abram. Namun, kisah Abram mengingatkan kita bahwa Tuhan pastilah memikirkan yang terbaik bagi anak-anak-Nya, sehingga kita dapat bersandar sepenuhnya kepada Dia. Setelah sekian lama kita memohon sesuatu kepada Tuhan melalui doa, sudahkah kita makin bersandar dan percaya sepenuhnya kepada Tuhan?

Refleksi Diri
1. Apakah yang menjadi kekhawatiran Abraham?
2. Bagaimanakah Allah menanggapi kekhawatiran Abraham tersebut?

Pokok Doa
Tuhan, aku percaya akan janji-Mu yang tak pernah gagal di dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Percayalah kepada Tuhan, sekalipun jalannya belum terlihat.

Yang Harus Dilakukan
Peganglah terus janji yang telah Tuhan berikan kepada Anda, Ia pasti menggenapi-Nya.

No comments: