Sunday, October 04, 2015

RASA CUKUP

Minggu 4 Oktober 2015

Bacaan Alkitab hari ini
1 Timotius 6:2b-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 2 ; Ruth 1-4

Ayat Hafalan
1 Timotius 6:6, “Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.“

Renungan Inspirasi
Dunia ini terus mendorong kita untuk memiliki sikap konsumtif; Berbagai iklan menggambarkan seolah-olah kebahagiaan pasti diperoleh jika membeli produknya, bahkan ada pula yang secara tidak langsung atau mungkin terang-terangan bahwa orang yang tidak membeli produknya adalah orang-orang yang ketinggalan jaman, ‘kurang gaul’ dan sebagainya. Kita terus berusaha memiliki segala-galanya. Tidak pernah ada kata cukup, sehingga kita terus mengejar untuk memiliki lebih banyak lagi. Oleh karena itu, kita perlu kembali melihat betapa pentingnya sebuah rasa cukup. Tuhan ingin kita menjadi orang yang tahu bersyukur di atas rasa cukup.

Kepada Timotius, Paulus berkata: “Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah” (ay 8). Makanan dan pakaian, keduanya adalah kebutuhan paling mendasar manusia yang seharusnya mendatangkan kata cukup jika sudah dimiliki. Jika kita membiarkan diri kita untuk selalu mengejar kebutuhan-kebutuhan di luar kebutuhan utama, kita bisa menyimpang dari iman, terjatuh dalam lubang-lubang dosa dan menjadi seorang hamba uang. Karenanya tidak berlebihan jika dikatakan “cinta akan uang adalah akar segala kejahatan” (ay 10). Tuhan tidak menginginkan anda menjadi orang-orang yang miskin dan menderita di dunia, tetapi Dia menginginkan kita menjadi orang-orang yang tahu bersyukur atas berkat-berkat yang telah Dia berikan kepada kita.

Refleksi Diri
1. Ajaran dan nasihat apakah yang diminta Paulus agar diteruskan oleh Timotius kepada para jemaat?
2. Keuntungan apa sajakah yang akan kita peroleh ketika kita memiliki rasa cukup?

Kata - Kata Bijak
Berhentilah terus mengejar apa yang tidak kita miliki, mari fokus untuk bersyukur atas apa yang sudah ada pada kita saat ini.

Pokok Doa
Tuhan, aku mau belajar untuk mencukupkan diriku dengan apa yang ada agar aku tidak jatuh ke dalam berbagai pencobaan.

Yang Harus Dilakukan
Cukupkanlah diri Anda dengan apa yang dimiliki hari ini.

No comments: