Monday, October 26, 2015

TERBEBAS DARI BELENGGU DOSA

Senin, 26 Oktober 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 32:1-11

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 4 ; 2 Samuel 23-24

Ayat Hafalan
Mazmur 32:1-2, “Dari Daud. Nyanyian pengajaran. Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi! Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu! ”

Renungan Inspirasi
Bill Clinton termasuk presiden yang berhasil meningkatkan perekonomian Amerika Serikat. Namun, ia bukan manusia sempurna. Ketika masih menjabat sebagai presiden, ia terlibat skandal dengan Monica Lewinsky seorang staf magang di gedung putih. Dalam banyak kesempatan, Bill mulanya menyangkal hal itu. Namun, akhirnya ia mengakui “hubungan tidak senonoh”-nya itu. Di depan rakyat Amerika, Bill meminta maaf kepada istri dan anak-anaknya, kepada Monica Lewinsky dan keluarganya, serta kepada seluruh rakyat Amerika Serikat.

Dalam Mazmur 32, orang yang disebut berbahagia adalah orang yang tidak berjiwa penipu, orang yang berani mengakui kesalahannya, dan orang yang tidak menutup-nutupi pelanggarannya di hadapan Allah dan sesama. Dalam pengalaman imannya, pemazmur menyadari betul bahwa penting untuk mengakui kesalahannya. Hal ini akan menolong kita untuk makin hidup benar di dalam Tuhan. Menyimpan dan menyembunyikan kesalahan hanya akan menjadi lalang-lalang di dalam hidup ini. Jangan biarkan lalang-lalang itu tumbuh subur dalam hidup kita. Harga diri kita tidak berkurang hanya dengan mengakui kesalahan.

Refleksi Diri
1. Apa yang menyebabkan pemazmur menjadi lesu dan mengeluh sepanjang hari?
2. Apakah yang pemazmur lakukan agar ia terbebas dan menjadi pribadi yang berbahagia?

Pokok Doa
Tuhan, terima kasih untuk pengampunan yang Kau berikan kepadaku menjadikan aku pribadi yang baru.

Kata - Kata Bijak
Mengakui kesalahan menjadikan hidup ini terasa ringan untuk dijalani.

Yang Harus Dilakukan
Jika ada pelanggaran yang belum Anda akui, nyatakanlah itu dihadapan Allah.

No comments: