Friday, November 06, 2015

BANYAK DIBERI, BANYAK DITUNTUT

Jumat, 6 November 2015

Bacaan Alkitab hari ini
1 Raja-raja 11:1-13

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 12 ; 2 Raja-Raja 1-3

Ayat Hafalan
Lukas 12:48b, “Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.“

Renungan Inspirasi
Semakin banyak diberi, maka semakin banyak dituntut. Itulah prinsip yang berlaku dalam kehidupan ini. Contoh sederhana, ketika orang masih menjabat sebagai tenaga sales, maka tuntutan yang diberikan kepadanya hanyalah target penjualan saja. Namun ketika ia naik jabatan menjadi seorang supervisor, maka tuntutan pekerjaannya jauh lebih banyak dibandingkan seorang sales.  Alkitab mencatat bahwa Tuhan murka terhadap Salomo, karena dua kali Tuhan menampakkan diri kepadanya, ia dikaruniakan hikmat yang luar biasa. Sayang, Salomo justru mencodongkan hatinya kepada ilah-ilah asing yaitu dewa-dewa sesembahan istri-istrinya.

Setiap berkat, karunia dan kepercayaan yang Tuhan berikan tak seharusnya disalahgunakan.  Seharusnya, setiap berkat yang kita terima membuat nama Tuhan dimuliakan melalui hidup kita, bukannya kita berpaling dariNya. Kita diberkati supaya nama Tuhan ditinggikan, bukan kita yang ditinggikan, lupa diri dan menjauh dari Tuhan. Sadarilah bahwa setiap orang yang banyak diberi dan dipercayakan, dari padanya akan banyak dituntut.

Refleksi Diri
1. Pelanggaran apakah yang dilakukan Salomo sehingga Tuhan murka kepadaNya?
2. Hukuman apakah yang harus diterima Salomo akibat dosanya itu?

Pokok Doa
Tuhan, ajar aku untuk bertanggung jawab atas berkat-berkat yang Kau curahkan kepadaku.

Kata - Kata Bijak
Makin banyak diberi, makin banyak dituntut.

Yang Harus Dilakukan
Bertanggungjawablah atas pemberian Tuhan dalam hidup Anda.

No comments: