Thursday, November 19, 2015

MENAMBAH NILAI DIRI

Kamis, 19 November 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 9:1-9

Bacaan Alkitab satu tahun
2 Korintus 7 ; 1 Tawarikh 10-12

Ayat Hafalan
Amsal 9:9, “Berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah.”

Renungan Inspirasi
Seorang mahasiswa Stanford University meminta pekerjaan paruh waktu kepada Louis Janin. Saat itu lowongan yang tersedia hanyalah menjadi seorang juru ketik. Anak muda itu dengan semangat menerima pekerjaan tersebut dengan catatan baru akan memulai pekerjaan di hari selasa.  Louis Janin kemudian menanyakan anak muda itu ketika hari selasa tiba, “mengapa kamu tidak dapat datang sebelum selasa.” “Karena saya harus menyewa sebuah mesin tik dan belajar bagaimana cara menggunakannya,” demikian jawaban anak muda itu. Juru ketik itu adalah Herbert Hoover yang karena kemauan dan kerja kerasnya untuk belajar telah membuatnya melewati pintu-pintu gedung putih.

Setiap hal yang kita pelajari tidak akan menjadi kerugian bari diri kita, sebaliknya akan membangun kepercayaan diri dan melatih mental kita. Melalui bacaan hari ini kita belajar untuk dapat memilih manakah undangan yang dapat mendatangkan hikmat dan manakah yang dapat mendatangkan kebodohan. Jika kita terus meningkatkan kemauan untuk belajar, mendengarkan nasihat orang lain/menggali ilmu pengetahuan dari mana saja atau siapa saja. Mungkin secara langsung itu tidak mempengaruhi profesi kita, namun hal itu dapat memberi nilai tambah bagi diri kita.

Refleksi Diri
1. Bagaimanakah caranya agar kita dapat memperoleh hikmat?
2. Bagaimanakah caranya agar kita daat tetap hidup di dalam jalan pengertian?

Pokok Doa
Tuhan, ampunilah jika selama ini aku malas belajar.  Bantu aku supaya memiliki keinginan untuk meningkatkan diri.

Kata - Kata Bijak
Informasi atau hal baru yang kita peroleh dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Yang Harus Dilakukan
Galilah informasi atau pengetahuan yang dapat menambah nilai diri Anda melalui siapa saja dan dimana saja.

No comments: