Thursday, December 10, 2015

APAKAH ANDA SULIT TIDUR?

Kamis, 10 Desember 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 3:1-9

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 8:1-21 ; 2 Tawarikh 34-36

Ayat Hafalan
Mazmur 3:6, “Aku membaringkan diri, lalu tidur; aku bangun, sebab TUHAN menopang aku!”

Renungan Inspirasi
Apakah anda termasuk orang yang mudah atau sulit tidur? Tidur itu mudah dan gratis. Ya, bagi orang yang tidak mengalami kesulitan tidur hal itu tentu benar. Tapi coba tanyakan kepada orang-orang yang sulit tidur, seperti orang insomnia misalnya, maka tidur ini bisa jadi menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan dan mahal harganya. Hidup di dunia yang semakin lama semakin sulit akan membuat hal-hal yang bisa mengganggu kedamaian kita bertambah banyak pula. Berbagai masalah, konflik, situasi sulit bisa menimbulkan stres dan depresi, dan hal-hal seperti itu tentu bisa mengganggu bahkan merampas damai sejahtera maupun sukacita dari diri kita. Akibatnya jangankan bisa nyenyak, untuk bisa memejamkan mata saja sudah sulit. Ada yang bahkan memerlukan obat terlebih dahulu agar bisa tidur.

Daud pernah mengalami masa-masa sulit ketika Absalom, puteranya sendiri berniat untuk menggulingkan dia (2 Samuel 15). Pemberontakan Absalom membuat Daud harus melarikan diri dari Yerusalem untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang buruk. Mazmur 3 mencatat dengan lengkap reaksi Daud saat menghadapi masalah itu. Berkali-kali dalam kesesakan dan himpitan masalah, Daud tahu harus berseru kepada siapa untuk mendapatkan ketenangan. Baginya, Allah adalah gunung batu yang teguh, dimana ia bisa bersandar dengan aman. Hal yang sama pun berlaku bagi kita. Jika Anda percaya bahwa Tuhan itu lebih besar dari masalah seberat apapun, Anda dapat melewati rintangan badai apapun dalam keadaan tenang dan sukacita sejati dari Tuhan sehingga Anda dapat tetap tidur dengan tenang.

Refleksi Diri
1. Tantangan apakah yang dihadapi oleh Daud?
2. Mengapa Daud dapat tetap tenang meskipun menghadapi masalah yang berat?

Pokok Doa
Tuhan, aku percaya akan tanganMu yang kuat dan menopang hidupku sehingga aku dapat melewati setiap persoalan hidupku.

Kata - Kata Bijak
Damai sukacita sejati tidaklah terletak pada ada tidaknya masalah, tetapi bagaimana sikap kita dalam memandang sebuah masalah.

Yang Harus Dilakukan
Ketika tantangan datang, jangan panik. Belajarlah untuk menyerahkannya pada Tuhan.

No comments: