Saturday, December 12, 2015

BERTOBATLAH

Sabtu, 12 Desember 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Yoel 1:1-20

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 9:1-29 ; Ezra 3-5

Ayat Hafalan
Galatia 6:7, “Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.“

Renungan Inspirasi
Ada banyak penyebab datangnya banyak permasalahan dalam hidup kita. Salah satu penyebabnya tentu karena kita menjauh dari Tuhan, melanggar perintah-perintahNya, menjauh dariNya dengan melakukan segala sesuatu yang cemar dan tercela. Akibatnya masalah pun datang silih berganti. Mulai dari sakit, kesulitan keuangan, usaha atau karir yang merosot drastis, kehidupan keluarga yang menjadi tidak lagi harmonis, kegagalan studi dan lain-lain. Tidak jarang pula masalah-masalah ini datang serentak, membuat kita semakin lama semakin hancur. Ironisnya, ada banyak orang yang justru mengambil langkah yang semakin salah dalam menghadapi ini.

Nabi Yoel diutus Tuhan untuk menunjukkan keprihatinanNya terhadap perilaku bangsa Israel. Pada saat itu perbuatan mereka sudah begitu menyakitkan hati Tuhan. Alih-alih menghargai segala pertolongan Tuhan selama ini kepada mereka, mereka justru lebih memilih untuk menyembah berhala , hidup cemar dan tercela dalam berbagai sisi. Setiap pelanggaran terhadap firman Tuhan selalu membawa konsekuensi. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam melakukan atau memutuskan sesuatu dalam kehidupan kita. Seruan Yoel meskipun ditujukan untuk bangsa Israel pada waktu itu, tetapi masih sangat relevan untuk kita cermati agar kita hidup dalam pertobatan sejati.

Refleksi Diri
1. Hukuman apakah yang diberikan Tuhan kepada bangsa Israel?
2. Apakah yang harus dilakukan umat Tuhan agar mereka terhindar dari pemusnahan?

Pokok Doa
Tuhan, aku mengakui kesalahanku dihadapanMu agar aku jangan menjadi binasa.

Kata - Kata Bijak
Dosa adalah dosa, setiap dosa pasti ada akibatnya.

Yang Harus Dilakukan
Akuilah dosa Anda dihadapan Tuhan

No comments: