Sunday, December 27, 2015

BETLEHEM MENUJU KALVARI

Minggu, 27 Desember 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Lukas 2:25-35

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 16 ; Ayub 8-10

Ayat Hafalan
Lukas 2:30-32, “sebab mataku telah melihat keselamatan yang dari pada-Mu, yang telah Engkau sediakan di hadapan segala bangsa, yaitu terang yang menjadi penyataan bagi bangsa-bangsa lain dan menjadi kemuliaan bagi umat-Mu, Israel.”

Renungan Inspirasi
Pada abad ke-16, Matteo Ricci pergi ke China dengan membawa beberapa karya seni Kristen untuk membantunya menyampaikan pesan Kristus kepada orang-orang yang belum mengenal-Nya. Ketika melihat lukisan Maria yang sedang menggendong bayi Yesus, mereka tidak merasa masalah. Namun, keadaan berubah ketika mereka melihat lukisan tentang penyaliban Yesus dan mendengar cerita Ricci tentang anak Allah itu mendapatkan hukuman oleh karena dosa manusia, semua orang menjadi takut dan tidak siap menyembah Allah yang disalibkan.

Dalam perenungan Natal, mungkin saja kita tidak terpikir bagaimana kisah yang dimulai di Betlehem akan berakhir di Kalvari. Dalam kitab Lukas, hanya Simeon yang memahami rahasia pekerjaan Allah (ay.34-35). Sekalipun keadaan tidak berubah, Herodes masih berkuasa dan tentara Romawi masih menduduki Israel. Namun, Simeon tahu betul bahwa dibalik semua itu, segala sesuatu telah berubah. Janji Allah bagi penebusan umat-Nya telah digenapi.

Refleksi Diri
1. Siapakah Simeon itu?
2. Bagaimanakah ia menyambut kedatangan Yesus?

Pokok Doa
Tuhan, sungguh kasihMu luar bias dalam hidupku, Engkau bersedia lahir di palungan Betlehem dan mati di atas salib Kalvari.

Kata - Kata Bijak
Merenungkan palungan tanpa memikirkan salibNya, mengurangi maknsa sejati dari kelahiran Kristus.

Yang Harus Dilakukan
Percayalah rancangan Tuhan pasti terjadi.

No comments: