Wednesday, December 09, 2015

CARA ALLAH MENDIDIK KITA

Rabu, 9 Desember 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Ulangan 32:9-13

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 7:23-37 ; 2 Tawarikh 32-33

Ayat Hafalan
Ulangan 32:11a, “Laksana rajawali menggoyangbangkitkan isi sarangnya, melayang-layang di atas anak-anaknya, mengembangkan sayapnya, menampung seekor, dan mendukungnya di atas kepaknya”

Renungan Inspirasi
Bila sudah tiba waktunya, induk rajawali akan melatih anak-anaknya untuk terbang. Dibongkarnya sarangnya lapis demi lapis sampai tersisa lapisan yang kasar dan keras. Lalu induk rajawali akan menerjunkan anaknya, memaksa mereka mengembangkan sayap dan melatih ototnya untuk terbang. Tentu saja anak-anak rajawali itu tidak langsung bisa terbang, berkali-kali mereka akan meluncur dengan cepat ke tanah dan seolah-olah si induk membiarkan mereka untuk jatuh dan mati. Namun sebelum menyentuh tanah, si induk segera menyambar dan membawanya naik kembali. Inilah proses yang harus dialami anak-anak rajawali. Lambat laun mereka menjadi terlatih dan dapat terbang bebas tanpa merasa takut lagi.

Tuhan adalah Bapa yang baik, Ia senantiasa memproses dan membentuk kita, dibongkarnya semua ‘sarang’ yang selama ini membuat kita merasa nyaman, karena kenyamanan seringkali membuat seseorang menjadi malas dan terlena: malas berdoa, malas melayani Tuhan, malas beribadah dan sebagainya. Bila kenyamanan itu dibiarkan bisa mengakibatkan kematian rohani. Seperti induk rajawali yang menyelamatkan anaknya sebelum terbentur ke tanah, lebih-lebih lagi Tuhan terhadap kita. Saat tertentu Ia ijinkan kita mengalami kondisi yang menyesakkan yang membuat kita marah, bersungut-sungut, mengeluh, menyalahkan Tuhan serta berpikir bahwa Tuhan telah meninggalkan kita. Padahal tak sedetik pun Tuhan melepaskan pandanganNya terhadap kita. Dia sangat tahu kapan saat yang tepat untuk menolong dan melepaskan kita.  Itulah bentuk didikan Tuhan dan semuanya mendatangkan kebaikan bagi kita.

Refleksi Diri
1. Bagaimanakah cara Allah bekerja dalam kehidupan anak-anakNya?
2. Apakah tujuan dari dididikan Allah itu?

Pokok Doa
Tuhan, aku menerima didikkanMu dalam hidupku agar aku dapat bertumbuh menjadi lebih dewasa lagi.

Kata - Kata Bijak
Didikkan Tuhan senantiasa mendatangkan kebaikan bagi kita.

Yang Harus Dilakukan
Terimalah didikan Tuhan agar Anda bertumbuh menjadi pribadi yang dewasa rohaninya.

No comments: