Thursday, December 31, 2015

EBEN-HAEZER, TUHAN ADALAH PENOLONG

Kamis, 31 Desember 2015

Bacaan Alkitab hari ini
1 Samuel 7:2-14

Bacaan Alkitab satu tahun
Galatia 4 ; Ayub 20-21

Ayat Hafalan
1 samuel 7:12, “Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben Haezer, katanya: “Sampai di sini TUHAN menolong kita.”

Renungan Inspirasi
Tak seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi esok hari. Jangankan satu tahun ke depan, satu jam kedepan pun tak ada orang yang tahu pasti apa yang akan terjadi. Orang hanya bisa meramal, namun masa depan tetaplah misteri. Oleh karena itu, kita perlu mengandalkan Tuhan agar siap menghadapi tantangan hari esok. Tanpa pertolongan Tuhan, kita tidak dapat menikmati perjalanan kehidupan ini dengan baik.

Mengandalkan Allah Yang Mahakuasa juga dilakukan Samuel sebelum maju berperang. Samuel meminta orang Israel untuk membersihkan diri mereka dari berhala.  Lalu, ia mengajak bangsa itu menghadap Tuhan dan memberikan persembahan (ay.9). Ketika mereka berperang menghadapi orang Filistin, mereka berhasil dan menang. Samuel mengambil sebuah batu, ia menamai tempat itu “Eben-Haezer” yang berarti “Sampai di sini Tuhan menolong kita”. Sampai di penghujung tahun ini, Tuhan menolong kita! Maka apa pun yang telah kita lewati, tidak ada kata yang lebih tepat selain bersyukur. Dan kini menyongsong tahun baru, kita memohon juga pertolongan-Nya.

Refleksi Diri
1. Pesan apakah yang disampaikan Samuel kepada bangsa Israel?
2. Apakah yang terjadi ketika bangsa Israel memilih untuk mengandalkan Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan, aku bersyukur karena Engkau setia dan tidak pernah meninggalkanku. PertolonganMu itulah yang selalu ku andalkan dalam hidup ini.

Kata - Kata Bijak
Dulu, sekarang dan sampai selamanya pertolongan Tuhan senantiasa tersedia bagi mereka yang percaya kepadaNya.

Yang Harus Dilakukan
Mintalah pertolongan Tuhan untuk memasuki tahun yang baru.

No comments: