Monday, December 07, 2015

IMAN SANG PERWIRA

Senin, 7 Desember 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 8:5-13

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 6:30-56 ; 2 Tawarikh 28-29

Ayat Hafalan
Matius 8:13, “Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: “Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya.” Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.“

Renungan Inspirasi
Siapakah orang yang biasanya Anda tolong? Mungkin keluarga, kenalan baik, atau sahabat? Apakah Anda pernah mengupayakan pertolongan bagi orang lain sampai harus berkorban merendahkan diri Anda? Perwira centurion itu mengepalai 100 orang serdadu.

Berbekal apa yang didengarnya tentang Yesus, ia datang memohon bantuan Yesus untuk menyembuhkan hambanya. Hamba itu tentu bukan keluarganya, bukan atasannya, melainkan budak yang sangat rendah martabatnya pada waktu itu. Perwira itu percaya akan kekuatan sabda Yesus. Ia percaya bahwa penyembuhan dapat terjadi tanpa sentuhan langsung sekalipun. Ia yakin hanya dengan sepatah kata saja, Yesus dapat menyembuhkan hambanya. Sungguh luar biasa imannya. Yesus kagum akan iman dan perbuatan si perwira itu. Ia memohon bukan bagi dirinya, melainkan bagi hambanya. Ia peduli atas kesejahteraan orang lain. Ia tidak memakai perantara, kendati ia terkemuka dan berkedudukan. Ia datang sendiri dan menjadi perantara.

Biasanya ketika memasuki masa-masa Natal ini, orang membayangkan masa keceriaan dan berkat Natal. Padahal, momen Natal dapat kita gunakan untuk memperlihatkan iman kita kepada orang-orang yang belum mengenalNya. Sudahkah hidup kita merepresntasikan kasih Allah melalui kebaikan yang kita tabur kepada sesama. Jadikan natal ini sebagai momen untuk membawa jiwa baru kepada Allah.

Refleksi Diri
1. Mengapa perwira itu datang kepada Yesus?
2. Bagaimanakah sikap Yesus kepada perwira itu?

Pokok Doa
Tuhan, aku mau menjadi alat saluran kasihMu kepada mereka yang membutuhkanMu.

Kata - Kata Bijak
Kita dapat mewujudkan kasih melalui iman dan kepedulian terhadap orang lain.

Yang Harus Dilakukan
Temukan satu orang yang dapat Anda layani agar ia dapat mengalami kasih Kristus dalam hidupnya.

No comments: