Sunday, December 13, 2015

KEMANA MATA ANDA TERTUJU?

Minggu, 13 Desember 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Keluaran 13:17-22

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 9:30-50 ; Ezra 6-8

Ayat Hafalan
Mazmur 91:14-15, “Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku. Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.”

Renungan Inspirasi
Peristiwa perjalanan bangsa Israel menuju Kanaan sangatlah menarik untuk disimak dan dijadikan pelajaran yang sangat berharga bagi kita. Di sepanjang perjalanan Tuhan menyatakan kasih dan perlindunganNya. Bukti penyertaan Tuhan diwarnai tanda khusus yang berupa tiang awan dan tiang api.  Dengan itu mereka tidak mengalami panas terik yang begitu menyengat pada siang hari, dan pada malam hari mereka tidak mengalami kedinginan. Tuhan rindu agar bangsa Israel mengarahkan pandangannya hanya kepada Tuhan yang sanggup melakukan perkara-perkara besar dan ajaib. Namun, kenyataannya mereka tetap tidak bisa mengucap syukur, mata mereka hanya tertuju pada berkat-berkatNya saja (hal-hal jasmaniah). Itu sebabnya mereka mengalami kebinasaan, karena mata mereka tidak tertuju kepada Tuhan, melainkan hanya mencari berkatNya saja.

Keadaan ini tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan orang-orang Kristen di zaman ini. Banyak yang beribadah ke gereja bukan untuk mencari Tuhan, tapi yang mereka cari adalah berkat-berkatNya saja.  Dan ketika belum mengalami berkat-berkat Tuhan mereka mudah kecewa dan tidak lagi sungguh-sungguh mencari Tuhan. Agar tidak mudah terseret arus dunia, alihkanlah pandangan Anda dari berkatNya kepada hatiNya yang merindukan kita melakukan kehendakNya.

Refleksi Diri
1. Mengapa Allah menuntun bangsa Israel melewati jalan lain menuju Kanaan?
2. Dengan apakah Allah menyertai perjalanan mereka?

Pokok Doa
Tuhan, ajarlah aku untuk tidak hanya memandang pada berkat-berkatMu saja, melainkan juga pada kehendakMu.

Kata - Kata Bijak
Arahkan pandangan kepada Tuhan dan utamakan Dia, pasti berkatNya tersedia bagi kita!

Yang Harus Dilakukan
Alihkan pandangan Anda kepada kehendak Tuhan bukan hanya kepada berkatNya

No comments: