Sunday, December 20, 2015

KESEDERHANAAN PALUNGAN

Minggu, 20 Desember 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Lukas 2:1-7

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 13:1-20 ; Ester 1-2

Ayat Hafalan
Lukas 2:7, “dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.”

Renungan Inspirasi
Natal yang kita rayakan di era ini sangat berbeda dengan suasana Natal pertama kali. Yesus lahir dalam kesederhanaan, Ia lahir dalam palungan dan dibungkus dengan kain lampin. Kesederhanaan itu merupakan perwujudan hati Allah atas umat manusia yang berada dalam penderitaan dan hidup dalam kesederhanaan, juga keterbatasan.

Kesederhanaan adalah tantangan hidup di zaman ini – zaman yang dikuasai budaya konsumtif dan gaya hidup hedonis. Yesus hadir dalam solidaritas dengan mereka yang miskin dan hidup serba terbatas. Oleh karena itu, mari siapkan hati kita untuk hidup sederhana agar dipilih menjadi palungan yang menjadi tempat kelahiran Kristus. Hidup sederhana adalah wujud perhatian dan kasih kita kepada mereka yang menderita dalam kemiskinan.

Refleksi Diri
1. Mengapa Yusuf membawa Maria ke Betlehem?
2. Apa yang terjadi ketika mereka tiba di kota itu?

Pokok Doa
Tuhan, mampukan aku untuk hidup dalam kesederhanaan agar hidupku dapat menjadi berkat bagi mereka yang berada dalam penderitaan.

Kata - Kata Bijak
Kesederhanaan palungan adalah cerminan kasih Kristus bagi dunia ini.

Yang Harus Dilakukan
Hiduplah dalam kesederhanaan sama seperti Kristus ketika Ia datang ke dunia ini.

No comments: