Thursday, December 24, 2015

MEMPERSIAPKAN HATI KITA

Kamis, 24 Desember 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 3:1-12

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 14:35-72 ; Ayub 1-2

Ayat Hafalan
Matius 3:3, “Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.”

Renungan Inspirasi
Setiap kali pejabat tinggi hendak menghadiri sebuah acara di suatu kota, maka para petugas keamanan akan mempersiapkan jalan bagi kedatangannya. Kondisi jalan diatur sedemikian rupa sehingga kedatangan sang pejabat tidak mendapat hambatan. Biasanya kendaraan lain yang diminta untuk mengalah dan menepi agar perjalanan sang pejabat bebas gangguan dan bebas kemacetan.

Hal serupa dilakukan Yohanes. Ia berseru-seru mempersiapkan jalan bagi kedatangan Sang Mesias. Melalui ajakan itu, sesungguhnya Yohanes hendak mengingatkan kita akan adanya berbagai halangan yang membuat hati kita tertutup akan kehadiran Kristus. Salah satunya adalah kesibukan kita. Di masa perayaan Natal biasanya banyak orang Kristen sibuk; Ada yang sibuk berbelanja, sibuk rapat mempersiapkan acara-acara Natal, sibuk latihan pementasan Natal. Kesibukan itu membuat kita lelah sehingga akhirnya lupa mempersiapkan hati untuk kehadiran Tuhan. Kesibukan yang tinggi membuat orang lupa berdoa dan berefleksi. Mari menata keseimbangan antara kesibukan dan keheningan hati. Janganlah kesibukan mempersiapkan Natal membuat kita lupa mempersiapkan hati yang tenang dan bersih bagi jalan kehadiran Sang Juruselamat.

Refleksi Diri
1. Seruan apakah yang disampaikan Yohanes di padang gurun Yudea?
2. Bagaimanakan Yohanes menggambarkan kedatangan Mesias?

Pokok Doa
Tuhan, aku mau menyiapkan hatiku lebih dari semua persiapan perayaan Natal yang ada.

Kata - Kata Bijak
Siapkan hati Anda melebihi persiapan Natal lainnya.

Yang Harus Dilakukan
Siapkanlah hati Anda menjelang hari Natal ini.

No comments: