Tuesday, December 08, 2015

MENJADI PELAKU FIRMAN TUHAN

Selasa, 8 Desember 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Lukas 6:46-49

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 7:1-22 ; 2 Tawarikh 30-31

Ayat Hafalan
Lukas 6:49, “Akan tetapi barangsiapa mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah di atas tanah tanpa dasar. Ketika banjir melandanya, rumah itu segera rubuh dan hebatlah kerusakannya.”

Renungan Inspirasi
Seperti halnya pondasi rumah, demikian juga pentingnya pondasi kehidupan kita dibangun dengan kokoh karena kehidupan ini tidak akan pernah mudah untuk dijalani. Bagaimana kita bisa bertahan dan tetap tegar ditengah badai kehidupan jika kita tidak memiliki pondasi yang cukup kuat? Bangunan boleh saja tampak sama indah dari luar. Namun, kualitas sesungguhnya baru akan terlihat apabila ada goncangan atau gangguan menerpanya. Seperti halnya bangunan, demikian pula kerohanian kita.  Agar kuat, kita perlu memperhatikan atau bahkan menitikberatkan pertumbuhannya dalam sebuah dasar yang kuat.

Lalu bagaimana caranya? Yesus mengajarkan bahwa rumah (kerohanian) dapat dibangun dengan dasar yang kuat bila “Setiap orang yang datang kepada-Ku dan mendengarkan perkataan-Ku serta melakukannya” (ay. 47). Dasar kekristenan bukanlah sekedar rajin berseru kepada Tuhan saja, mementingkan keindahan dari luar saja, melainkan melakukan firman Tuhan. Oleh karena itu, janganh berpuas diri hanya ketika kita sudah rajin berdoa dan membaca firman Tuhan. Itu baik adanya, namun tanpa disertai perbuatan nyata sesuai kehendak Tuhan, semua itu tidak akan bermanfaat. Perhatikan baik-baik kehidupan kita apakah sudah dibangun dengan pondasi kuat. Jika belum, benahilah segera. Jadilah pelaku firman Tuhan.

Refleksi Diri
1. Bagaimanakah kehidupan orang-orang yang melakukan perkataan Allah?
2. Bagaimana pula kehidupan orang-orang yang tidak melakukan perkataan Allah?

Pokok Doa
Tuhan, aku tidak hanya sekedar mendengar firmanMu, namun aku juga mau menjadi pelaku firmanMu.

Kata - Kata Bijak
Jangan hanya membangun keindahan di luar, bangunlah kehidupan di atas pondasi

Yang Harus Dilakukan
Dengar dan lakukan perintah Allah dalam hidup Anda hari ini.

No comments: