Monday, December 14, 2015

TIDAK RAGU SEDIKITPIN

Senin, 14 Desember 2015

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 4:18-25

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 10:1-27 ; Ezra 9-10

Ayat Hafalan
Roma 4:18, “ Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.“

Renungan Inspirasi
Saat Tuhan berjanji, Abram sudah berumur kira-kira seratus tahun dan Sarai pun rahimnya sudah tertutup karena sudah berusia lanjut. Itulah sebabnya mereka sempat tertawa mendengar apa yang dikatakan Tuhan. Secara manusia itu adalah seperti ‘mission impossible’! Namun pada akhirnya janji Tuhan itu digenapi-Nya.

Ketika Tuhan berjanji, apakah dengan serta merta janji itu langsung digenapi? Abraham membutuhkan penantian yang melelahkan dan itu tidak mudah. Perlu waktu bertahun-tahun untuk dapat menikmati janji Tuhan. Secara logika Abraham punya alasan kuat untuk meragukan janji Tuhan, namun”...sekalipun tidak ada dasar untuk berharap,...Abraham berharap juga dan percaya” (Roma 4:18). Seringkali kita dihadapkan pada situasi-situasi yang semakin memburuk ketika sedang menantikan janji Tuhan, sementara orang-orang di luar Tuhan sepertinya begitu mudah mendapatkan apa yang diinginkan. Akibatnya kita tidak lagi bersemangat menjalani hidup ini, kita terus menggerutu kepada Tuhan, padahal masa-masa sukar yang kita jalani itu adalah proses ujian bagi iman kita. Mari kita belajar dari Abraham yang tidak meragukan sedikitpun janji Tuhan, hingga akhirnya ia menerima apa yang Tuhan janjikan.

Refleksi Diri
1. Apakah yang membuat Abraham menerima janji Allah dalam hidupnya?
2. Mengapa Allah memperhitungkan sikap Abraham sebagai kebenaran?

Pokok Doa
Tuhan, tolonglah aku agar tetap berpegang teguh kepada imanku sehingga janjiMu digenapi dalamku.

Kata - Kata Bijak
Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang Ia telah janjikan.

Yang Harus Dilakukan
Jangan meragukan Tuhan sedikitpun

No comments: