Monday, January 11, 2016

BELAJAR DARI KESALAHAN DAN FIRMAN TUHAN

Senin, 11 Januari 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Korintus 10:1-11

Bacaan Alkitab satu tahun
Filipi 2 ; Mazmur 4-6

Ayat Hafalan
1 Korintus 10:11, “Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.“

Renungan Inspirasi
Di akhir tahun 2014 kita dihebohkan dengan berita jatuhnya pesawat Air Asia di perairan selat Karimata. Selain melakukan pencarian korban, hal terpenting yang dilakukan petugas adalah menemukan kotak hitam dari pesawat tersebut. Kotak hitam berfungsi mencatat kinerja dan kondisi pesawat selama penerbangan dan merekam percakapan awak pesawat dengan petugas pengendali lalu lintas udara di menara pengendali. Seluruh data dalam kotak hitam ini dipelajari dengan seksama untuk menentukan penyebab dari kecelakaan sehingga tidak terjadi lagi kesalahan yang serupa di masa mendatang.

Sebagai orang Kristen kita telah menerima kasih karunia yaitu pengampunan dosa. Namun, kita tidak dapat hidup dengan sembarangan. Kita harus mengevaluasi diri dengan melihat kesalahan masa lalu dan belajar darinya. Itu sebabnya, Paulus mengingatkan agar kita belajar dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan bangsa Israel ketika mereka dalam perjalanan menuju tanah Kananan, “Tetapi sungguhpun demikian Allah tidak berkenan kepada bagian yang terbesar dari mereka, karena mereka ditewaskan di padang gurun.” Beberapa hari yang lalu, kita telah belajar bahwa firman Allah bermanfaat untuk mengajar hidup kita. Oleh karena itu, gunakanlah firman Tuhan sebagai penuntun kehidupan kita.

Refleksi Diri
1. Mengapa Paulus menekankan kepada kita untuk belajar dari kesalahan bangsa Israel?
2. Dosa apa sajakah yang dilakukan bangsa Israel selama mereka dalam perjalanan menuju tanah Kanaan?

Pokok Doa
Tuhan, aku bersyukur untuk firman-Mu yang menuntunku untuk berjalan dalam kebenaran.

Kata - Kata Bijak
Firman Tuhan diberikan untuk menuntun dan melindungi kita dari perkara yang jahat.

Yang Harus Dilakukan
Jadikan firman Tuhan sebagai arahan bagi hidup Anda.

No comments: