Monday, January 25, 2016

BERTUMBUH DI DALAM IMAN

Senin, 25 Januari 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Korintus 7:32-35

Bacaan Alkitab satu tahun
2 Tesalonika 3 ; Mazmur 40-42

Ayat Hafalan
1 Korintus 7:35, “Semuanya ini kukatakan untuk kepentingan kamu sendiri, bukan untuk menghalang-halangi kamu dalam kebebasan kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu melakukan apa yang benar dan baik, dan melayani Tuhan tanpa gangguan.”

Renungan Inspirasi
Pertumbuhan iman seseorang ditandai dengan perubahan diri dari egosentris menuju teosentris. Iman yang bertumbuh berarti tidak memusatkan kehidupan pada diri sendiri, melainkan pada Tuhan. Memusatkan hidup pada kepentingan diri tidak membawa kebahagiaan sejati. Alih-alih kebahagiaan, malah kegelisahan tak berujung. Egosentris tidak pernah berujung pada kebahagiaan batin. Justru, ia akan bermuara pada samudera kekhawatiran saja.

Kepada jemaat di Korintus, Rasul Paulus menginginkan supaya mereka hidup tanpa kekhawatiran. Untuk itu, mereka diminta memusatkan perhatiannya pada perkara Tuhan. Hal ini diutamakan oleh Rasul Paulus supaya pelayanan kepada Tuhan mendapat perhatian. Pelayanan kepada Tuhan jangan sampai direbut oleh perhatian pada perkara duniawi. Jika manusia lebih mengutamakan sikap pementingan diri, niscaya pelayanan kepada Tuhan terabaikan. Mari terus bertumbuh dengan memusatkan kehidupan pada Tuhan.

Refleksi Diri
1. Apakah yang diinginkan Paulus bagi jemaat Kristus?
2. Bagaimanakah caranya agar kita dapat melakukan apa yang baik dan benar?

Pokok Doa
Tuhan, ingatkanlah aku bahwa dimanapun aku berada, aku sedang melayani-Mu.

Kata - Kata Bijak
Memusatkan perhatian hanya pada diri sendiri, tidak akan memuaskan batin.

Yang Harus Dilakukan
Dalam segala hal, layanilah Tuhan dengan sepenuh hati.

No comments: