Tuesday, January 12, 2016

MENGEJAR PENGHARGAAN

Selasa, 12 Januari 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Korintus 9:24-27

Bacaan Alkitab satu tahun
Filipi 3 ; Mazmur 7-9

Ayat Hafalan
1 Korintus 9:25, “Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.“

Renungan Inspirasi
Iditarod Trail Sled Dog Race adalah perlombaan yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya di Alaska. Anjing-anjing seluncur dan pengendalinya akan berlomba menempuh rute 1.700 km selama 8-15 hari. Kerja sama tim yang mengagumkan  dan perjuangan yang gigih selama pertandingan, sebenarnya tak sebanding dengan hadiah yang didapatkan karena para anjing dan pengendali harus menembus dinginnya salju yang bisa mencapai -15 derajat Celcius.

Kegairahan dalam pertandingan merupakan konsep yang tidak asing bagi Paulus. Ia menggunakan kompetisi untuk menggambarkan sesuatu yang bersifat kekal, “Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.” Terkadang kita tergoda untuk mengarahkan perhatian demi penghargaan yang sifatnya sementara. Namun, firman Tuhan mendorong kita untuk mengejar perkara rohani demi penghargaan yang sifatnya kekekalan.

Refleksi Diri
1. Bagaimanakah sikap orang yang sedang berada dalam sebuah gelanggang pertandingan?
2. Mengapa kita harus mempersiapkan diri begitu rupa dalam pertandingan rohani?

Pokok Doa
Tuhan, aku mau melatih diriku sedemikian rupa agar aku layak memperoleh mahkota kekekalan.

Kata - Kata Bijak
Bertandinglah dalam perlombaan yang memberikan hadiah yang kekal.

Yang Harus Dilakukan
Latihlah diri Anda agar pantas memperoleh penghargaan kekekalan.

No comments: