Wednesday, January 27, 2016

TUJUAN KASIH KARUNIA DIBERIKAN

Rabu, 27 Januari 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Titus 2:11-15

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Timotius 2 ; Mazmur 46-48

Ayat Hafalan
Titus 2:11-12, “Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini.”

Renungan Inspirasi
Kasih adalah salah satu sifat dasar Allah. Bila kasih ini dihubungkan dengan penyelamatan terhadap manusia berdosa, maka dikatakan sebagai kasih karunia atau anugerah. Istilah kasih karunia diterjemahkan dari kata Yunani ‘kharis’ yang dapat diartikan : anugerah, pemberian, kemurahan hati, pahala. Di dalam Perjanjian Baru kata ini bermakna: kemurahan hati Allah yang tidak pantas diterima oleh orang yang seharusnya layak untuk dihukum. Adapun arti umum dari kata kasih karunia adalah pemberian yang dilandasi dengan sukacita, bukan karena keterpaksaan.

Dengan demikian jelas sekali bahwa keselamatan manusia berdosa bukan oleh karena perbuatan baik, amal atau karena kesalehan hidupnya, melainkan semata-mata karena pemberian atau kasih karunia dari Allah. Perbuatan baik tidak akan pernah sanggup membenarkan manusia yang berdosa. Inilah yang mendasari mengapa Allah menyatakan kasih karunia-Nya melalui kematian Yesus Kristus di atas kayu salib, yaitu supaya kita yang berdosa beroleh pembenaran dan keselamatan. Pemberian secara cuma-cuma dari Allah inilah yang merupakan hakekat dari kasih karunia. Kemudian kita yang telah beroleh kasih karunia itu harus mau dibentuk dan dididik oleh Tuhan, supaya kita benar-benar meninggalkan kehidupan dosa dan beribadah kepada-Nya dengan sungguh-sungguh.

Refleksi Diri
1. Apakah tujuan Allah memberikan kasih karunia-Nya kepada kita?
2. Apa yang harus senantiasa kita beritakan kepada orang lain?

Pokok Doa
Tuhan, aku mau dididik dalam kasih karunia-Mu agar aku terus bertumbuh menjadi dewasa secara rohani.

Kata - Kata Bijak
Kasih karunia bukan hanya menyelamatkan hidup kita, melainkan juga mendidik kita bertumbuh didalam Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Tujuan dari kasih karunia agar kita dapat dididik dalam kebenaran. Oleh karena itu, jangan hindari didikan Tuhan.

No comments: