Wednesday, February 10, 2016

BUKAN APA YANG ANDA PEROLEH, TETAPI APA YANG ANDA BERI

Rabu, 10 Februari 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kisah Para Rasul 20:31-38

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 2:21-52 ; Mazmur 81-83

Ayat Hafalan
Kisah Para Rasul 20:35, “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.”

Renungan Inspirasi
Bai Fangli, hidupnya habis di atas sadel becak. Ia mengayuh dan terus mengayuh, membawa pelanggan kemana saja mereka mau, meski ia hanya dibayar sekedar. Tubuhnya kecil, sangat kecil untuk ukuran becaknya atau pelanggan yang memakai jasanya, namun semangatnya sungguh gagah perkasa. Ditengah kesederhanaan dan keterbatasan dirinya, Bai Fangli menyumbang uang hasil kayuhannya sejak usia 74 sampai 90 tahun kepada sebuah panti asuhan. Jumlah uang yang sudah disumbangkannya adalah 350 ribu yuan atau sekitar 500 juta rupiah. Jumlah yang sangat besar jika dinilai bahwa penyumbangnya adalah seorang tukang becak dan mulai menyumbang pada usia yang sudah tua. Pada 2005 ia meninggal karena sakit paru-paru. Kepergiannya membuat duka dan kehilangan yang sangat besar bagi keluarga panti asuhan tersebut, bukan hanya karena uangnya, melainkan juga karena kualitas kepeduliannya.

Saudara, kualitas seorang manusia bukan hanya ditentukan oleh kesuksesan yang diraihnya, melainkan kebaikan apa yang sudah ia berikan dalam kehidupan ini. Paulus sebagai salah satu rasul telah memberikan teladan kepada kita, ia tidak hanya melayani sepenuh waktu, ia pun bekerja untuk memenuhi kebutuhannya dan kebutuhan para pelayan lain yang melayani bersama-sama dengannya. Mari, kita bekerja bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan kita sendiri, melainkan juga untuk mendatangkan kebaikan bagi kehidupan orang yang Tuhan izinkan berjumpa dengan kita.

Refleksi Diri
1. Bagaimanakah cara Paulus memenuhi kebutuhannya dan rekan sepelayanannya?
2. Teladan apakah yang dapat kita pelajari dari kehidupan Paulus?

Pokok Doa
Tuhan, aku mau belajar untuk lebih banyak memberi dibandingkan menerima agar aku dapat lebih banyak melihat kuasa-Mu bekerja atas hidupku.

Kata - Kata Bijak
Lebih berbahagia memberi dari pada menerima

Yang Harus Dilakukan
Lakukanlah kebaikan berapapun harganya.

No comments: