Sunday, February 21, 2016

MAKNA UCAPAN SYUKUR

Minggu, 21 Februari 2016

Bacaan Alkitab hari ini:
1 Tawarikh 16:7-36

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 8:26-56 ; Mazmur 110-112

Ayat Hafalan
Efesus 5:20, “Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita.”

Renungan Inspirasi
Seringkali ungkapan syukur dikaitkan dengan berkat atau pemberian Allah sehingga ketika kita sedang berada dalam pergumulan, sulit rasanya untuk kita mengucap syukur. Alkitab sesungguhny memperdalam makna dari mengucap syukur; mengucap syukur merupakan tindakan kita untuk mempercayai dan mengenal pribadi Tuhan dengan baik.

Hari ini kita bisa belajar dari Daud, ia menaikkan ucapan syukur kepada Allah bukan karena apa yang telah Allah buat atas hidupnya. Ia mengucap syukur sebagai ungkapan sukacitanya atas kebesaran Allah (ay.8) dan kasih setia-Nya (ay.25-36). Mari kita belajar bersyukur bukan saja karena pemberian yang kita nikmati dari-Nya, melainkan juga atas hal-hal baik yang telah Ia kerjakan atas hidup kita. Mengucap syukur merupakan obat yang baik bagi jiwa kita.

Refleksi Diri
1. Apakah dasar ungkapan syukur Daud?
2. Pelajaran apakah yang dapat kita petik dari kebenaran firman Tuhan hari ini?

Pokok Doa
Tuhan, hanya Engkau satu-satunya alasanku bersyukur. Biarlah jiwaku terus memuji dan memuliakan nama-Mu, sebab kebaikan-Mu atas hidupku tak berubah sampai selama-lamanya

Kata - Kata Bijak
Ucapan syukur sejatinya berpusat pada Sang Pemberi, bukan karena pemberian-Nya.

Yang Harus Dilakukan
Ucapkanlah syukur atas segala sesuatu yang terjadi dalam hidup Anda

No comments: