Saturday, February 27, 2016

MELAYANI MEREKA YANG MISKIN, TERPENJARA DAN TERASING

Sabtu, 27 Februari 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 25:31-46

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 11:1-28 ; Mazmur 123-125

Ayat Hafalan
Matius 25:45, “Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.”

Renungan Inspirasi
Agnes Gonxha Bojaxhiu atau biasa dikenal dengan Bunda Teresa, sejak kecil telah dididik oleh orang tuanya melayani orang-orang miskin di sekitar mereka. Kebaikan dan kepedulian itu terus hidup dan bertumbuh hingga Agnes memutuskan menjadi seorang biarawati dan melayani di Kalkuta – India. Dasar kebenaran firman Tuhan yang selalu dipegang oleh Bunda Teresa dan menjadi landasannya untuk melayani orang miskin adalah Matius 25:40: “Segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.”

Pada saat hari penghakiman tiba, mereka yang dipilih masuk dalam kerajaan sorga adalah orang-orang yang melakukan kebaikan kepada mereka yang miskin, terpenjara dan “terasing”. Penulis Ibrani bahkan mengingatkan kepada kita untuk tidak lupa memberikan tumpangan kepada orang, sebab mungkin penyambutan itu merupakan kesempatan untuk menyambut malaikat (Ibrani 13:2). Jika malaikat utusan Tuhan yang berkunjung, maka ia membawa berkat Allah atas kita. Apa yang kita miliki hari ini adalah anugerah Tuhan. Sebagaimana Tuhan selalu menyambut umat-Nya, bukankah kita juga harus menjadikan rumah dan hidup kita terbuka bagi orang lain?

Refleksi Diri
1. Siapakah yang diajak masuk oleh Raja itu untuk masuk dalam kerajaan-Nya?
2. Kepada siapakah seharusnya pelayanan kita ditujukan?

Pokok Doa
Tuhan, berilah aku kemampuan untuk dapat melayani mereka yang miskin baik secara jasmani maupun rohani, mereka yang jiwanya terpenjara dan terasingkan oleh dunia ini.

Kata - Kata Bijak
Segala sesuatu yang kita lakukan merupakan karya penyambutan Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Layanilah mereka yang miskin, terpenjara dan terasing.

No comments: