Friday, February 26, 2016

MEMBALAS KEJAHATAN DENGAN KEBAIKAN

Jumat, 26 Februari 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 5:38-48

Bacaan Alkitab satu tahun
Lukas 10:25-42 ; Mazmur 120-122

Ayat Hafalan
Matius 5:39, “Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.”

Renungan Inspirasi
Seringkali dalam sebuah pertengkaran, kita mendengar ungkapan yang berkata, “Lu jual, gua beli.” Membalas kejahatan dengan kejahatan merupakan hal yang lumrah dan menjadi prinsip dunia ini. Itu pulalah yang diberlakukan oleh Hukum Taurat dan dijalankan umat Israel pada masa Perjanjian Lama. Namun, kedatangan Yesus membawa sesuatu yang baru. Ia mengajarkan agar kejahatan dibalas dengan kebaikan.

Tentu ini bukan perkara yang mudah; berbuat baik kepada orang yang telah berbuat jahat kepada kita. Sebagai anak-anak Tuhan, hidup kita harus berpadanan dengan firman Tuhan yang adalah perkataan Allah sendiri. Kita perlu belajar untuk selalu menghadirkan kebaikan bagi orang lain. Sekalipun telah menerima hal yang tidak baik, kita harus sungguh-sungguh sambil meminta pertolongan Tuhan untuk dapat mempraktekkan kasih kepada sesama melalui perbuatan baik. Ikutilah teladan Kristus dan jadilah sempurna sama seperti Bapa kita yang di sorga adalah sempurna.

Refleksi Diri
1. Bagaimana isi dari hukum Taurat?
2. Apakah yang menjadi isi dari ajaran Kristus?

Pokok Doa
Tuhan, aku mau melakukan perintah-Mu sekalipun berat harga yang harus ku bayar. Aku percaya Engkau menyertai keputusanku.

Kata - Kata Bijak
Balaslah kejahatan dengan kebaikan.

Yang Harus Dilakukan
Balaslah kejahatan dengan kebaikan, demikianlah Anda menjadi anak-anak Bapa di sorga.

No comments: